Kompas.com - 09/05/2021, 20:08 WIB
Ilustrasi bangun pagi pixabayIlustrasi bangun pagi

KOMPAS.comBangun pagi menjadi salah satu rahasia sukses banyak pemimpin di dunia. Bagi kebanyakan orang, bangun pagi sangat sulit dilakukan. Bahkan kata orangtua dulu, “kalau bangun siang, nanti rejekinya dipatok ayam”.

Tidak hanya kata orangtua, tetapi bangun pagi memang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, seperti dilansir dari BBC.com (14/2/2019).

Menjaga pola makan tetap sehat

Orang yang bangun pagi akan memiliki waktu yang cukup untuk memakan sarapan yang bergizi. Sedangkan jika bangun kesiangan, orang akan cenderung memakan sesuatu yang praktis namun tidak sehat atau melewatkan jam makan sama sekali. Padahal sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari.

Melewatkan sarapan pagi akan membuat pola makan Anda menjadi buruk. Anda akan cepat lapar dan menginginkan memakan makanan manis yang tidak sehat untuk menghilangkan rasa lapar Anda.

Baca juga: Anak Sekolah Susah Bangun Pagi Harus Dimaklumi, Ada Alasan Biologisnya

Kulit tampak lebih sehat

Setelah istirahat malam yang cukup, kulit akan terlihat lebih baik di pagi hari. Sejalan dengan pola sarapan di atas, bangun pagi akan membuat seseorang cenderung melakukan kegiatan yang sehat seperti olahraga dan minum air yang cukup. Kegiatan ini akan melancarkan peredaran darah dan membuat kulit tampak lebih sehat.

Berbeda dengan yang bangun siang, mereka akan cenderung terburu-buru dan tidak sempat melakukan kegiatan yang menyehatkan, termasuk mengaplikasikan produk perawatan wajah yang cukup.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang yang bangun pagi biasanya memiliki pola tidur yang baik. Dengan memiliki pola tidur yang baik, ini akan memberi kesempatan pada kulit untuk regenerasi dan peremajaan kulit di malam hari ketika beristirahat.

Memiliki waktu untuk olahraga

Olahraga di pagi hari terdengar sulit dibandingkan olahraga di sore hari setelah pulang bekerja karena sempitnya waktu di pagi hari. Namun pada kenyataannya, berolahraga di sore hari bisa jadi lebih sulit karena tubuh kita sudah lelah setelah seharian bekerja.

Jika Anda bangun lebih pagi, Anda akan memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Berolahraga di pagi hari akan membuat Anda merasa berenergi sepanjang hari.

Konsentrasi lebih tinggi

Dengan bangun di pagi hari, Anda bisa fokus untuk memulai hari Anda dengan merencanakan hari Anda dengan baik. Dengan begitu, Anda akan lebih siap menghadapi kegiatan harian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X