Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ribuan Orang Percaya pada Pengobatan Ida Dayak?

Kompas.com - 23/04/2023, 08:00 WIB
The Conversation,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Oleh: Mochammad Wahyu Ghani

DI tengah upaya pemerintah menyehatkan masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan peserta mencapai lebih dari 250 juta penduduk, pengobatan tradisional atau alternatif yang irasional (belum terbukti ilmiah) kembali menjadi pembicaraan publik.

Baca juga: 9 Metode Pengobatan Kuno yang Tidak Biasa

Salah satu yang fenomenal adalah pengobatan Ida Dayak. Dia mengobati pasien dengan mengoleskan ‘minyak bintang’ ke bagian tubuh.

Dalam waktu singkat, dia mengklaim olesan itu “berhasil” menyembuhkan patah tulang, salah urat, stroke, dan penyakit lainnya.

Awal April lalu, ribuan orang antre di Gelanggang Olahraga Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Cilodong Depok untuk berobat kepada Ida Dayak.

Sebagai peneliti komunikasi kesehatan, saya melihat masalah ini dari perspektif komunikasi. Model komunikasi Ida Dayak ke “pasien” lebih bisa diterima di masyarakat awam sehingga ribuan orang berbondong-bondong rela datang untuk mendapatkan pengobatan.

Asal-usul minyak bintang

Pada 2015 saya meneliti fenomena pengobatan minyak bintang. Setidaknya, ada dua versi asal muasal minyak bintang.

Versi pertama berasal dari beberapa cerita masyarakat Kalimantan yang meyakini minyak bintang berasal dari mayat ular atau bahkan air liur makhluk yang disebut “Hantuen”.

Versi kedua adalah hasil observasi dan wawancara saya dengan seorang penyembuh minyak bintang di Samarinda, sebut saja namanya “Kai Janggut”. Minyak bintang berasal dari minyak kelapa, kapas “bujang” dan burung “bubut”.

Kapas ‘bujang’ adalah kapas yang yang baru saja berbuah dan tidak sempat jatuh ke tanah. Sedangkan burung ‘bubut’ adalah burung yang tinggal di pedalaman hutan.

Baca juga: Viral Bajakah Obati Kanker, WALHI Ingatkan Ancaman Eksplorasi Hutan

Burung ‘bubut’ tersebut dipatahkan hidup-hidup hingga mati kemudian direbus lama hingga hanya berbentuk minyak. Semua bahan kemudian dicampur hingga jadilah minyak bintang.

Cara pembuatan minyak bintang juga tidak sembarangan. Hanya orang yang memiliki amalan tertentu yang boleh membuatnya. Minyak ini pun harus dibuat pada malam Jumat ketika bintang bersinar terang.

Konon dari situlah nama dari minyak bintang berasal.

Pengobatan minyak bintang mengapa bisa dipercaya?

Sosok Ida Dayak yang disebut-sebut sebagai perempuan sakti yang viral di media sosial mampu mengobati tulang bengkok dengan sekali urut.TribunKaltim.co Sosok Ida Dayak yang disebut-sebut sebagai perempuan sakti yang viral di media sosial mampu mengobati tulang bengkok dengan sekali urut.

Di dunia kesehatan non-Barat, sistem medis dibagi menjadi dua kelompok besar: sistem medis personalistik dan naturalistik. Personalistik dan naturalistik merupakan etiologi (ilmu tentang hubungan sebab-akibat) yang menjadi sebab dan asal penyakit.

Baca juga: Perawatan yang Ramah Pasien, Holistik dan Terencana Baik, Bagaimana Menciptakannya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com