BRIN
Badan Riset dan Inovasi Nasional

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia. BRIN memiliki tugas menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Mencari “Rumah Baru” Si Jalak Bali

Kompas.com - 20/04/2023, 13:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Dr. Sutomo, S.Hut., M.Sc.

TAHUKAH bahwa kawasan Bali Barat kini menjadi “rumah” terakhir satu-satunya burung endemik dari Pulau Bali, yaitu Jalak Bali?

Selain area persebarannya yang semakin menyempit, ukuran populasinya yang rendah menyebabkan burung endemik Bali ini masuk dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Baca juga: Jalak Bali: Taksonomi, Morfologi, dan Perilaku

Hutan dan sabana tropis di Indonesia merupakan habitat bagi berbagai satwa liar endemik. Sayangnya, beberapa dari spesies endemik ini sekarang sangat terancam dan masuk daftar merah dalam status konservasi International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Di antara spesies ini, adalah Jalak Bali atau Bali mynah (Leucopsar rotschildii), yang saat ini populasi alami, sebagian besar hanya terdapat terbatas di Taman Nasional Bali Barat.

Mengingat risiko kepunahan yang tinggi yang dihadapi oleh spesies tersebut, program konservasi yang dijalankan akan membutuhkan pendekatan multidisiplin yang meliputi riset dari atribut biologis spesies itu sendiri maupun riset tentang habitatnya.

Sayangnya, bagi banyak spesies, ekologi habitatnya masih kurang dipahami. Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) adalah satu-satunya burung endemik yang ditemukan di Bali.

Jalak Bali pertama dikenal oleh dunia sains melalui deskripsi yang diberikan oleh Stresemann pada tahun 1912, berdasarkan spesimen yang diamati dari sekitar daerah Bubunan Bali.

Kerusakan habitat dan penangkapan burung untuk perdagangan hewan peliharaan membawa spesies ini ke ambang kepunahan. Ekspor besar-besaran jalak Bali selama tahun 1960-an dan 1970-an mendorong masuknya Jalak Bali pada Lampiran 1 Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Terancam Punah (CITES).

Upaya konservasi Jalak Bali mendesak untuk dilakukan. Model distribusi spesies (Species Distribution Modeling atau SDM) semakin mulai banyak diterapkan secara luas dalam bidang konservasi.

Untuk konservasi jenis burung, SDM juga telah digunakan untuk memahami apa saja faktor lingkungan yang mungkin menyebabkan distribusi atau bahkan pergeseran penyebarannya di masa depan seiring dengan adanya perubahan iklim global saat ini.