Kompas.com - 08/04/2023, 17:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Selama ini mammoth digambarkan sebagai hewan raksasa berbulu, memiliki telinga kecil dengan timbunan lemak besar. Namun, belakangan studi terbaru mengungkapkan fakta baru dari mammoth berbulu.

Para peneliti menemukan gambaran yang lebih mendetail dari mammoth berbulu. Gagasan yang lebih baik ini diperoleh setelah peneliti melakukan pengujian genetik terhadap 23 mammoth.

Dikutip dari Live Science, Sabtu (8/4/2023) dalam studi ini, peneliti dari Swedia membandingkan genom 23 mammoth berbulu Sibera (Mammuthus primigenius) dengan genom 28 gajah Asia modern (Elephas maximus) dan gajah Afrika (Loxodonta).

Sebanyak 22 genom dari mammoth berbulu atau Woolly Mammoth ini relatif modern dan telah hidup dalam 100.000 tahun terakhir.

Sementara genom mammoth berbulu ke-23 merupakan milik salah satu mammoth berbulu tertua yang diketahui yang disebut Chukochya dan hidup sekitar 700.000 tahun yang lalu.