Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mozaik Misterius yang Gambarkan Medusa Ditemukan di Italia

Kompas.com - 08/04/2023, 08:31 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mozaik era Romawi yang menggambarkan sosok mitologi Yunani, Medusa ditemukan di Italia.

Saat menggali sebuah vila yang digunakan oleh kaisar Romawi kuno di Italia, arkeolog menemukan sesuatu yang tidak terduga.

Ada dua mozaik yang menggambarkan tokoh mitologi Yunani, Medusa.

Sosok ikonik ini digambarkan memiliki rambut yang terbuat dari ular dan tatapannya dikatakan dapat mengubah manusia menjadi batu.

Di mozaik itu, Medusa melihat ke kejauhan yang membuat para ahli bertanya-tanya apa yang dipikirkan wanita tersebut.

Tim menemukan mozaik di ruang bundar di Villa Antonines, disebut demikian karena digunakan oleh anggota dinasti Antonine yang memerintah Kekaisaran Romawi dari tahun 138 hingga 193 M.

Baca juga: Bom Sisa Perang Dunia II Ditemukan di Italia, Miliki Berat 450 Kg

Mozaik Medusa tersebut kemungkinan berasal dari abad kedua Masehi.

Dikutip dari Live Science, Jumat (7/4/2023) tim menemukan mozaik Medusa dalam dua ceruk yang dipotong menjadi ruangan melingkar di Villa, Italia. Satu di bagian barat laut ruangan dan satu lagi di bagian tenggara.

Ruangan tersebut memiliki ceruk lain tetapi tidak ada sisa-sisa mozaik yang ditemukan di dalamnya.

Masih menjadi misteri untuk apa ruangan itu digunakan dan mengapa berisi mozaik Medusa. Namun pastinya, ahli mengungkapkan sangat mengesankan bisa memasuki ruangan itu.

"Menemukan mozaik itu merupakan kejutan yang menyenangkan karena banyak dekorasi villa yang mengesankan dihilangkan selama abad ke-18 dan ke-19," kata Deborah Chatr Aryamontri, salah satu tim eskavasi Italia.

Baca juga: Lantai Mosaik Romawi Kuno Ditemukan di Perkebunan Anggur Italia

Meski begitu, ahli berspekulasi bahwa ruangan melingkar tersebut tampaknya merupakan ruang resepsi.

Lebih lanjut, salah satu tantangan bagi arkeolog modern adalah banyaknya kerusakan dan gangguan di situs tersebut. Dulu, kawasan tempat vila berdiri dijarah dan dgunakan untuk pembuangan.

Selain itu, selama Perang Dunia II, situs tersebut berada di lokasi strategis untuk melihat pergerakan pasukan. Arkeolog pun menemukan beberapa artefak Perang Dunia II selama penggalian vila tersebut.

Kerusakan situs terlihat juga dari sebuah foto yang diambul pada awal abad ke-20 yang menunjukkan tembok beton Romawi berada di atas tanah mengalami kerusakan dan kemudian hancur.

Sebagian kecil ruang bundar dengan mozaik pertama kali ditemukan pada tahun 2014 dan sejak itu, penggalian serta analisis terus berlanjut.

Baca juga: Atasi Virus Corona, Ini Pelajaran dari Strategi di Italia hingga China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com