Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2023, 19:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber PetMD

KOMPAS.com - Kura-kura dan penyu merupakan bagian dari kelompok reptil yang dikenal sebagai chelonians. 

Kura-kura dan penyu adalah salah satu spesies hewan dengan umur terpanjang yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan. 

Agar penyu atau kura-kura yang dipelihara mampu bertahan hidup lama, diperlukan komitmen untuk merawatnya dan sangat memperhatikan seluruh kebutuhannya.

Umur rata-rata penyu dan kura-kura 

Umur rata-rata penyu dan kura-kura sangat bergantung pada spesiesnya. Dilansir dari PetMD, beberapa spesies hanya dapat hidup selama 10 hingga 20 tahun di penangkaran, sementara yang lain dapat hidup hingga 150 tahun.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Pergi ke Mars?

Secara umum, sebagian besar spesies penyu dan kura-kura dapat hidup hingga usia 50-an, jika diberikan perawatan yang tepat.

Kebanyakan penyu dan kura-kura idealnya hidup lebih lama di penangkaran daripada di alam liar. Pasalnya, di alam liar, mereka harus mencari makanan sendiri selagi menghindari pemangsa. 

Namun, memelihara penyu dan kura-kura juga harus hati-hati. Lingkungan yang tidak tepat dan pola makan yang kurang nutrisi sering mengakibatkan kura-kura sakit dan lemah dengan rentang hidup yang sangat singkat. 

Penting untuk mengetahui kebutuhan spesifik dari spesies yang dipelihara dan libatkan dokter hewan untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka.

Baca juga: Berapa Lama Buaya Bisa Bertahan di Dalam Air?

Apa yang membuat penyu dan kura-kura hidup lebih lama?

Ilustrasi penyu
 Richard Segal from Pexels Ilustrasi penyu

Spesies penyu dan kura-kura yang lebih besar biasanya hidup lebih lama dari rekan-rekan mereka yang lebih kecil. Namun, kura-kura yang lebih kecil pun dapat hidup selama 15 hingga 25 tahun.

Genetika juga dapat berperan dalam umur panjang penyu dan kura-kura karena mereka dapat menderita kanker dan penyakit lain yang memperpendek umur mereka.

Namun, perawatan yang tidak tepat jauh lebih mungkin menyebabkan masalah pada kura-kura dan penyu yang dipelihara. 

Saat mencari tahu tentang berbagai spesies kura-kura atau penyu, Anda akan menyadari bahwa mereka berasal dari berbagai lingkungan.

Baca juga: Berapa Lama Tata Surya Terbentuk? Ini Perkiraan Ilmuwan...

Beberapa spesies adalah makhluk gurun sejati, yang lain ditemukan di zona lembab, dan yang lainnya hidup di air sepanjang hidupnya.

Perbedaan-perbedaan ini yang dapat membantu mengarahkan Anda untuk memilih hewan peliharaan yang paling cocok untuk kondisi lingkungan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com