Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan Lagi, Ini Bahaya Pakai Headphone Saat Tidur

Kompas.com - 26/03/2023, 18:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa orang memilih menggunakan headphone saat mereka tidur. Alasannya bermacam, mulai dari kebiasaan, membantu tidur, hingga mencoba menghalau suara-suara menganggu.

Baca juga: Apakah Berbahaya Memakai Lensa Kontak saat Tidur?

Tapi apakah headphone boleh dipakai saat tidur dan apakah itu berbahaya bagi telinga jika dipakai terus-menerus?

Mengutip Live Strong, Sabtu (25/3/2023) jawabannya adalah tergantung karena ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Seperti misalnya jenis headphone yang digunakan serta seberapa kencang volume yang seseorang dengarkan.

Efek pada pendengaran

Selama tidak menaikkan volume terlalu keras maka mendengarkan melalui headphone tidak akan merusak pendengaran seseorang.

"Ada standar yang diterbitkan di mana kebisingan terlalu keras untuk waktu yang lama dan kerusakan dapat terjadi," kata audiolog Emily J. Taylor, AuD, FAAA, dari Taylor Listening Center di Pikesville, Maryland.

Suara yang berada pada 70 desibel (dB) atau lebih rendah aman, sedangkan di atas 70 dB dapat merusak pendengaran jika didengarkan cukup lama.

Untuk konteksnya 30 dB adalah bisikan, 60 dB adalah musik latar dan 70 dB adalah kebisingan kantor rata-rata. Sedangkan kebisingan 80 hingga 85 dB dapat merusak pendengaran Anda setelah hanya dua jam.

Hal yang menakutkan adalah headphone dan earbud dapat mencapai volume maksimalnya hingga 100 dB, tingkat yang merusak pendengaran setelah hanya 15 menit.

Baca juga: Benarkah Tidur Memakai Bra Bisa Mencegah Payudara Kendur?

"Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen dan tinnitus yang merupakan dering di telinga," ungkap Taylor.

Namun kecil kemungkinan seseorang akan mendengarkan headphone dengan volume maksimal saat mencoba tidur dan lebih menginginkan volume lebih lembut yang menenangkan.

Menurut Taylor juga, jika seseorang telah menggunakan headphone sepanjang hari dan kemudian juga di malam hari saat tidur akan lebih baik untuk mengistiratkan telinga dulu.

Ada risiko bakteri yang terkumpul di dalam earbud yang dapat tumbuh subur dan menyebar jika telinga basah. Hal itu akan membuat telinga rentan terhadap impaksi kotoran telinga.

Dan mengenakan sesuatu di telinga seperti earbud terus-terusan dapat memperburuk impaksi kotoran.

Baca juga: Penyebab Telinga Sakit, Kotoran Menumpuk hingga Infeksi

Seberapa buruk tidur dengan headphone?

Selama mempertahankan volume pada level 60 persen, Anda dapat mendengarkan sesuatu dengan aman tanpa risiko merusak pendengaran.

Namun, ada baiknya juga untuk memeriksa mengapa menggunakan headphone saat tidur menjadi kebiasaan dan mengatasi alasan yang mendasarinya.

Misalnya jika memang membutuhkan suara eksternal saat tidur, pilihan yang lebih baik bisa dilakukan dengan cara memutarnya melalui aplikasi di ponsel atau melalui speaker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com