Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Koala adalah hewan ikonik yang berasal dari Australia. Banyak yang menyebut koala mirip dengan beruang, meski sebenarnya mereka adalah marsupial.

Koala memiliki bulu yang padat, yang lebih mirip dengan bulu domba yang kasar. 

Uniknya lagi, koala memiliki dua ibu jari yang berlawanan di tangan mereka dan kedua kaki serta tangan yang dilengkapi bantalan dengan cakar yang kasar untuk memegang dahan pohon. 

Apakah koala memiliki kantong seperti kanguru?

Dilansir dari Australian Koala Foundation, koala betina memiliki kantong yang 'membuka ke belakang' seperti wombat dan berlawanan dengan kantong yang membuka ke depan seperti kanguru. 

Baca juga: Apakah Anjing Bisa Bertahan Hidup Tanpa Manusia?

Namun, ini tidak sepenuhnya benar. Saat koala betina pertama kali melahirkan anak, bukaan kantongnya tidak menghadap ke depan atau belakang, namin menghadap lurus ke luar.

Terkadang, kantong koala tampak 'menghadap ke belakang' karena saat bayinya tumbuh lebih besar dan mencondongkan tubuh keluar dari kantong, ia akan menarik kantong ke bawah atau ke belakang. 

Kantong koala memiliki otot sfingter yang kuat di bukaannya untuk mencegah bayi koala terjatuh.

Habitat koala

Dikutip National Geographic, koala hidup di hutan eucalyptus di tenggara dan timur Australia. 

Saat tidak tidur, mereka biasanya makan. Mereka mengandalkan pohon eucalyptus untuk habitat dan makanan. 

Koala bisa makan lebih dari satu pon daun eucalyptus sehari. Eucalyptus mengandung racun sehingga sistem pencernaan koala harus bekerja keras untuk mencernanya, memecah racun, dan mengekstraksi nutrisi yang terbatas.

Baca juga: Apakah Landak Memiliki Duri Sejak Lahir?

Itu sebabnya koala banyak tidur karena mereka mendapatkan sangat sedikit energi dari makanannya. Adapun koala dapat tidur selama 18 hingga 22 jam.

Koala biasanya tidak minum banyak air karena mereka mendapatkan sebagian besar kelembapan dari daun-daun yang ia makan. Koala bahkan dapat menyimpan daun di kantong pipinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com