Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2023, 10:31 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Saat membicarakan hewan-hewan paling berani, mungkin yang muncul di pikiran kebanyakan dari kita adalah sang raja hutan, singa.

Faktanya, ada beberapa hewan lain yang bernyali besar, tak kenal takut, dan pantang mundur saat bertarung.

Dilansir dari Wild Explained, berikut adalah daftar 4 hewan paling berani di dunia.

1. Ratel

Ratel (Mellivora capensis) atau musang madu adalah bagian dari keluarga musang, yang masih berkerabat dengan sigung, berang-berang, dan musang lainnya. 

Dikutip dari Sandiego Zoo Wildlife Alliance, nama 'musang madu' berasal dari makanan favorit mereka, yakni madu. Namun, yang sebenarnya ingin mereka makan adalah larva lebah yang ada di dalam madu.

Baca juga: 5 Hewan Paling Tinggi di Dunia

Ada beberapa alasan mengapa ratel diberi gelar sebagai "binatang paling tak kenal takut di dunia" oleh Guinness Book of Records. 

Musang madu adalah hewan yang sangat gigih dan tidak akan mundur dari perkelahian, meski ukuran tubuhnya lebih kecil daripada lawan. 

Sifat ratel yang pemberani didukung oleh beberapa kelebihan pada tubuhnya, salah satunya adalah kulitnya yang kuat dan tebal.

Kulit musang madu memiliki ketebalan sekitar 0,6 cm dan juga kebal terhadap senjata tajam seperti panah, tombak, dan parang.

Oleh sebab itu, gigitan kuat pada kulit musang madu tidak akan menyebabkan banyak pendarahan. Selain itu, musang madu juga memiliki keuntungan lain, yaitu memiliki kulit yang kendur. Jenis kulit ini memungkinkan mereka untuk menggeliat dan melarikan diri dari mulut pemangsa. 

Baca juga: 5 Hewan Paling Gemuk di Dunia

Ratel pun memiliki gigi dan cakar yang tajam. Gigi mereka sangat kuat, bahkan bisa merusak cangkang kura-kura. Kelebihan ini memungkinkan ratel untuk menyerang lawan mereka dengan percaya diri. 

2. Harimau

Hewan paling pemberani selanjutnya adalah harimau (Panthera tigris). Keberanian seekor harimau terletak pada kekuatan fisiknya, tekadnya yang kuat, dan perencanaan strategisnya. 

Hewan predator ini dapat mengerahkan kekuatan sebesar 4,5 ton hanya dengan cakarnya saat bertarung dengan hewan lainnya. Kekuatan ini biasanya cukup kuat untuk membunuh lawan atau menyebabkan luka yang parah pada tubuh mereka. 

Selain itu, harimau juga diuntungkan karena memiliki kaki belakang yang lebih panjang. Ini membuat mereka dapat berlari lebih cepat dan melompat lebih tinggi

3. Anjing German shepherds

Dikutip dari American Kennel Club (AKC), German shepherd (Canis lupus familiaris) adalah trah anjing yang dikembangkan pada tahun 1899 oleh Kapten Max von Stephanitzdan dan breeder lainnya.

Baca juga: 5 Hewan Paling Agresif di Dunia

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com