Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2023, 13:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat pintar sehingga banyak yang senang merawat hewan berbulu ini. 

Salah satu hal yang unik dan menggemaskan dari anjing adalah hewan ini seolah-olah bisa menunjukkan perasaan senangnya dengan tersenyum.

Namun, apakah benar anjing bisa tersenyum? Jika iya, apakah senyum pada anjing juga mengekspresikan kesenangan seperti manusia?

Anjing meniru bahasa tubuh manusia

Anjing bisa terlihat seperti sedang tersenyum, tetapi mungkin mereka melakukannya bukan karena bahagia seperti yang dilakukan manusia. 

Baca juga: Apakah Burung Merak Bisa Terbang?

Menurut Kate LaSala, pelatih anjing bersertifikat dan konsultan perilaku hewan di Rescued by Training, Greenwich, Connecticut, anjing mungkin sebenarnya sedang terengah-engah, namun yang terlihat justru seperti tersenyum.

Dikutip dari The Dodo, LaSala mengatakan, anjing dapat membuka mulut dan bahasa tubuh santai yang terlihat seperti sedang tersenyum, tetapi ini lebih merupakan otot-otot yang rileks di moncong mereka sehingga mulut terbuka, alih-alih tersenyum seperti yang dilakukan manusia.

Selain itu, anjing mungkin bisa tampak tersenyum karena mereka mempelajari perilaku tersebut dari manusia, menurut dr. Jo Myers, dokter hewan di Vetster, Colorado.

dr. Myers menjelaskan, dengan demikian, tersenyum pada anjing adalah respons yang dipelajari, bukan sesuatu yang naluriah.

Baca juga: Apakah Ada Hewan Selain Anjing yang Bisa Deteksi Kanker?

Beberapa anjing mampu meniru perilaku manusia lebih baik daripada hewan lain sehingga bukan hal yang aneh bagi mereka untuk mencoba beberapa bahasa tubuh manusia dan melihat respons seperti apa yang mereka dapatkan. 

Sementara itu, menurut PetMD, fenomena yang membuat anjing tersenyum saat kita tersenyum pada mereka mirip dengan “penularan tawa”, yakni ketika satu orang tertawa terbahak-bahak dan memicu orang lain di sekitarnya untuk tertawa

Ketika manusia bahagia dan tersenyum, ini dapat memicu anjing yang bahagia untuk ikut tersenyum. Sebaliknya, anjing yang menyeringai dapat memicu pelepasan oksitosin pada manusia dan respons bahagia.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anjing adalah individu dan mereka merespons berbagai situasi secara berbeda. 

Baca juga: Apakah Kucing Perlu Minum Susu?

Ini berarti bahwa apa yang dapat menyebabkan respons senyum pada satu hewan mungkin tidak memicunya pada hewan lain.

Apakah anjing suka saat manusia tersenyum?

Kebanyakan anjing suka menyenangkan pemiliknya dan tahu bahwa tersenyum adalah bahasa tubuh manusia untuk menunjukkan kebahagiaan. 

Mayoritas anjing sangat pandai menafsirkan bahasa tubuh manusia. Mereka bisa tahu kapan kita senang, sedih, atau kecewa. Mereka juga tahu bahwa kebahagiaan kita sering kali berarti perhatian ekstra, makanan, dan waktu bersenang-senang untuk mereka. 

Anjing tidak hanya suka membuat kita bahagia, tetapi mereka juga menyukai cara kita memperlakukan mereka saat kita bahagia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com