Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bintang Laut Memiliki Mata dan di Mana Letaknya?

Kompas.com - 19/01/2023, 09:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bintang laut adalah hewan invertebrata yang masuk dalam Echinodermata. Hewan laut ini memiliki nilai penting secara ekologis.

Sebab, bintang laut dapat menjadi pembersih pantai dari material organik dan pemakan bangkai, serta cangkang-cangkang moluska yang mengotori pantai.

Namun di balik fungsinya yang besar bagi lingkungan, beberapa orang tak banyak tahu mengenai seluk-beluk spesies laut yang satu ini. Salah satu pertanyaan yang menarik adalah apakah bintang laut memiliki mata dan jika ada, di mana letaknya?

Bagi yang belum pernah mengambil dan memperhatikannya secara seksama, mungkin tak akan mengetahuinya, sebab ternyata bintang laut memiliki mata.

Dikutip dari Science News, Rabu (18/1/2023), mata bintang laut terletak pada ujung setiap lengan dan merupakan mata majemuk kecil yang terdiri dari ommatidia (kelompok sel fotoreseptor).

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Proceedings of the Royal Society B, melalui mata tersebut bintang laut bisa melihat meski tidak terlalu baik.

Baca juga: Apakah Ada Bintang Tertua di Alam Semesta?

Pengelihatan beresolusi rendah itu mirip dengan hewan lain yang memiliki otak terbatas dan ini berarti bintang laut hanya dapat mendeteksi struktur besar di lingkungannya, seperti terumbu karang.

Pengukuran respon listrik ommatidia juga menunjukkan bahwa bintang laut buta warna, tetapi dapat melihat dengan baik di sekitar panjang gelombang cahaya 450 nanometer, yang mana itu sama dengan air laut jernih yang dilihat secara horizontal atau ke atas ke permukaan.

"Ini berarti lautan terbuka akan tampak terang bagi bintang laut. Tapi terumbu karang tampak gelap karena cahaya yang dipantulkan darinya sebagian besar mengandung bagian spektrum dengan panjang gelombang yang lebih panjang," ungkap peneliti.

Sayangnya menurut peneliti pula, kemampuan untuk melihat ini juga hanya terbatas pada jarak yang relatif pendek, kira-kira berjarak 4 meter saja. Selebihnya bintang laut tak dapat mendeteksi terumbu karang yang menjadi rumah mereka.

"Kami berpendapat kemampuan jarak dekat ini bukan hanya untuk melihat terumbu baru tetapi untuk memastikan bahwa mereka tak menjauh dari terumbu," tulis peneliti lagi.

Bintang laut mungkin tak memiliki pengelihatan yang bagus tetapi peneliti akhirnya dapat membuktikan kemampuan visual mereka yang mereka gunakan untuk mendeteksi tempat tinggal mereka.

Baca juga: Apakah Mata Kucing Bisa Melihat di Tempat Gelap?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com