"Orangtua Tunggal", Hiu Betina Ini Bereproduksi Tanpa Dibuahi Jantan

Kompas.com - 17/12/2022, 08:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Reproduksi aseksual atau perkembangbiakan dari "orangtua tunggal" umum terjadi pada hewan tak bertulang belakang seperti cacing laut maupun bintang laut.

Tetapi hal ini jarang ditemukan pada vertebrata, seperti hiu.

Namun sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan contoh hiu zebra betina di akuarium yang menghasilkan keturunan tanpa bantuan jantan.

Padahal, di tempat yang sama terdapat hiu jantan yang sehat.

Baca juga: Mengenal Hiu Greenland, Ikan Hiu yang Bisa Hidup hingga 400 Tahun

Temuan ini pun dapat berimplilkasi tidak hanya pada perawatan berkelanjutan hiu zebra di penangkaran tetapi juga upaya konservasi yang dilakukan di alam liar.

Virgin birth

Mengutip Phys, Jumat (16/12/2022) proses reproduksi tanpa jantan yang disebut partenogenis atau virgin birth ini memungkinkan beberapa betina membuahi sel telur dengan materi genetiknya sendiri.

Para ilmuwan berasumsi bahwa vertebrata yang biasanya bereproduksi secara seksual beralih ke partenogenisis sebagai upaya terakhir untuk bereproduksi ketika tak ada cukup pasangan yang dapat membuahinya.

"Kami telah mengetahui selama beberapa tahun bahwa partogenisis terjadi pada hewan seperti hiu, tetapi beberapa aspek masih belum diketahui, seperti mengapa hal itu terjadi dan apa yang memicunya," kata Kevin Feldheim, peneliti di Chicago's Field Museum.

Dalam studi peneliti memang hanya fokus pada hiu zebra yang terancam punah dan hidup di penangkaran di Akuarium Shedd di Chicago.