Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2022, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Metana (CH4) merupakan salah satu gas rumah kaca sehingga keberadaannya di atmosfer mempengaruhi suhu Bumi dan sistem iklim. 

Metana dipancarkan dari berbagai sumber antropogenik (dipengaruhi manusia) dan alami. 

Sumber emisi antropogenik termasuk tempat pembuangan sampah, sistem minyak dan gas alam, kegiatan pertanian, penambangan batu bara, pembakaran stasioner dan bergerak, pengolahan air limbah, serta proses industri tertentu. 

Metana merupakan gas rumah kaca antropogenik terbanyak kedua setelah karbon dioksida, terhitung sekitar 20 persen dari emisi global.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengurangi Gas Rumah Kaca?

Apa Itu Metana?

Dilansir dari Popular Mechanics, metana adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan sangat mudah terbakar yang terdiri dari satu atom karbon dan empat atom hidrogen. 

Merana dapat diproduksi secara alami dan sintetis. Ketika dibakar dengan adanya oksigen, meta menghasilkan karbon dioksida dan uap air.

Metana merupakan komponen utama gas alam dan digunakan untuk menghasilkan panas dan listrik di seluruh dunia. 

Metana juga digunakan dalam reaksi kimia untuk menghasilkan gas penting lainnya, seperti hidrogen, karbon monoksida, dan karbon hitam.

Bagaimana metana dihasilkan?

Ada dua cara utama agar metana dapat diproduksi secara alami.

Baca juga: Jenis-jenis Gas Rumah Kaca

Pertama, metana dapat diproduksi melalui serangkaian reaksi kimia karena bahan organik terurai pada kedalaman dangkal di lingkungan rendah oksigen, seperti rawa dan rawa. 

Saat tanaman mati dan tenggelam ke dasar air, bakteri mulai memecahnya. 

Menurut sebuah studi di Prosiding National Academy of Sciences, lahan basah adalah penyumbang alami terbesar emisi metana.

Selain itu, metana dapat dihasilkan dari gunung lumpur, sawah, dan bahkan, rayap.

Metana juga dapat ditemukan di endapan bahan bakar fosil bawah tanah yang telah mengalami tekanan dan suhu tinggi selama jutaan tahun. 

Saat bahan bakar ini ditambang dan dilepaskan, begitu pula metana.

Baca juga: Pengertian Efek Rumah Kaca hingga Cara Menguranginya

Metana sulit untuk diangkut dan mudah bocor selama ekstraksi minyak, batu bara, dan gas alam.

Metana 25 kali lebih kuat dari karbon dioksida dalam memerangkap panas di atmosfer. Selama dua abad terakhir, konsentrasi metana di atmosfer meningkat lebih dari dua kali lipat, sebagian besar karena aktivitas manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com