Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Rumah Kaca Diperlukan oleh Manusia, Begini Mekanismenya

Kompas.com - 20/06/2022, 13:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Mekanisme efek rumah kaca yang normal sebenarnya sangat diperlukan bagi kehidupan di Bumi karena menghangatkan suhu Bumi sehingga nyaman ditinggali. Banyak yang belum memahami bahwa efek rumah kaca secara alami memberikan banyak manfaat bagi manusia.

Apa itu efek rumah kaca?

Efek rumah kaca adalah mekanisme radiasi termal dari permukaan Bumi yang diserap oleh gas rumah kaca kemudian disebarkan ke seluruh permukaan Bumi. Efek yang terasa adalah meningkatnya suhu permukaan Bumi.

Efek ini sangat dipengaruhi oleh konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Terdapat enam gas rumah kaca yang utama, yaitu:

  1. Ozon
  2. Karbon dioksida
  3. Metana
  4. Nitrogen oksida
  5. Gas fluorinasi (termasuk hidrofluorokarbon, perfluorokarbon, sulfur heksafluorida, dan nitrogen trifluorida)
  6. Uap air

Semakin tinggi konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer, efek rumah kaca yang dihasilkan akan semakin tinggi pula. Efek rumah kaca bermanfaat bagi manusia dalam kadar yang pas. Jika efeknya berlebihan, akan timbul dampak negatif bagi kehidupan di Bumi.

Manfaat efek rumah kaca

Terdapat beberapa manfaat efek rumah kaca bagi manusia yang tidak disadari. Berikut adalah manfaat efek rumah kaca:

1. Menjaga suhu Bumi

Efek rumah kaca menjaga suhu Bumi cukup hangat untuk ditinggali. Tanpa gas rumah kaca, panas Bumi tidak akan bertahan lama di permukaan Bumi dan Bumi akan jauh lebih dingin. Gas rumah kaca membuat suhu Bumi menjadi cukup hangat untuk kehidupan, baik untuk manusia, tumbuhan, dan hewan.

Selain itu, suhu Bumi yang terjaga akibat efek rumah kaca akan membuat tinggi permukaan air laut tetap stabil. Gunung es yang ada di Bumi tetap berdiri tegak dan tidak mencair, namun suhu di belahan Bumi lainnya cukup hangat dan nyaman ditinggali.

Baca juga: Pengertian Efek Rumah Kaca hingga Cara Menguranginya

2. Menyerap radiasi matahari

Gas rumah kaca memiliki fungsi untuk menghalau dan menyerap radiasi berbahaya dari sinar Matahari. Dengan begitu, radiasi hanya sedikit yang mencapai permukaan Bumi. Sebagian besar radiasi akan dipantulkan kembali ke atmosfer luar agar tidak membahayakan makhluk hidup di Bumi. Gas rumah kaca yang paling signifikan perannya dalam fungsi ini adalah ozon.

Manfaat ini didapatkan dalam kondisi efek rumah kaca yang optimal. Seperti yang sebelumnya telah disebutkan, penting menjaga agak efek rumah kaca ini tidak bertambah karena akan menyebabkan pemanasan global. Jika terjadi terus-menerus, Bumi akan semakin tidak layak untuk ditinggali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com