Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Skala Besar Disebabkan Oleh Pemanasan Global, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 19/04/2022, 17:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Banjir dalam skala besar adalah efek dari pemanasan global yang penyebab utamanya adalah naiknya permukaan laut. Bagaimana penjelasannya?

Hubungan banjir dan pemanasan global

Dilansir dari United Nations Environment Programme (UNEP), banjir saat ini sudah menjadi masalah global dan akumulasi dari berbagai aspek yang menyebabkan banjir di berbagai negara. Bahkan, kita harus bersiap-siap untuk menghadapi cuaca yang lebih ekstrem lagi jika perubahan iklim tidak segera diatasi.

UNEP juga menambahkan bahwa masalah ini terjadi karena pola cuaca ekstrem yang disebabkan efek jangka panjang dari pemanasan global. Pola cuaca ekstrem menyebabkan dua hal utama, yaitu hujan yang terus menerus dan mencairnya gunung es di kutub.

Curah hujan meningkat

Pemanasan global membuat curah hujan meningkat. Suhu permukaan Bumi menjadi lebih panas dan menyebabkan lebih banyak air laut yang menguap dan membentuk awan. Selain itu, suhu udara yang lebih panas membuat udara bisa menahan uap air lebih banyak. Proses tersebut akan memicu meningkatkan intensitas, durasi, dan frekuensi terjadinya presipitasi atau turunnya air hujan.

Bersamaan dengan itu, suhu permukaan Bumi yang jauh dari garis khatulistiwa lebih mudah untuk meningkat dibandingkan suhu di garis khatulistiwa. Hasilnya, perbedaan suhu di kutub dan di garis khatulistiwa tidak akan terlalu jauh.

Perbedaan suhu yang tidak terlalu jauh itu akan memengaruhi jet stream. Jet stream adalah arus angin kencang di atmosfer yang terjadi dari sistem tekanan udara tinggi dan rendah. Dampak yang ditimbulkan dari jet stream adalah badai yang lebih parah pada musim dingin serta kekeringan panjang ketika musim panas.

Baca juga: 5 Negara ini Terancam Tenggelam Akibat Pemanasan Global

Naiknya permukaan air laut

Permukaan air laut terus meningkat sejak abad ke 20. Bahkan, para ahli memprediksi kenaikannya akan semakin cepat beberapa dekade mendatang.

Naiknya permukaan air laut disebabkan oleh 2 hal, yaitu ekspansi termal lautan dan gunung es yang mencair. Menurut European Comission Climate Action, diperkirakan akhir abad ini daratan Eropa akan mengalami kenaikan permukaan air laut dengan rata-rata 70 sentimeter.

Selain membuat pesisir tenggelam, naiknya permukaan air laut juga meningkatkan terjadinya erosi di sekitar wilayah pesisir. Ini akan berdampak pada penduduk, alam, dan infrastruktur sekitar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com