Ukuran Tubuh Burung Makin Kecil karena Perubahan Iklim

Kompas.com - 31/10/2022, 18:00 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkapkan bahwa ukuran tubuh makin mengecil karena dampak perubahan iklim.

Penelitian yang dipimpin University of California Los Angeles (UCLA) ini menemukan burung yang bermigrasi di seluruh Amerika Utara semakin kecil selama tiga dekade terakhir.

Menurut peneliti massa tubuh 105 spesies burung menurun rata-rata 0,6% dan sebanyak 30% pada beberapa spesies. Misalnya saja burung layang-layang yang menjadi 2,8% lebih kecil, robin Amerika 1,2% lebih kecil, dan pelatuk berbulu halus 2,2% lebih kecil.

Angka-angka itu mungkin tak terdengar mengkhawatirkan pada awalnya. Namun dalam sudut pandang evolusi, perubahan ukuran itu adalah perubahan dramatis yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat.

Baca juga: Pecahkan Rekor Dunia, Burung Bar-Tailed Godwit Terbang Sejauh 13.560 Km Tanpa Henti

"Studi ini mengungkapkan seberapa kuat suhu memengaruhi karakteristik fisik hewan. Dan ini adalah bukti skala luas bahwa perubahan iklim benar-benar membentuk seperti apa spesies itu," kata Casey Youngflesh, ahli ekologi dari UCLA dan juga penulis utama studi.

Sementara itu, dikutip dari Phys.org, Senin (31/10/2022) Morgan Tingley, ahli ekologi lain yang terlibat dalam studi mengungkapkan fakta fenomena penurunan ukuran tubuh burung terjadi pada sebagian besar spesies penelitian, bukan hanya satu atau beberapa. Hasil tersebut pun menjadi bukti jelas bahwa perubahan iklim adalah biang keladinya.

"Jika kita hanya mengukur perubahan ukuran tubuh pada satu spesies, akan mudah untuk membayangkan bahwa sesuatu yang aneh sedang terjadi pada spesies itu, misalnya karena sejarah atau jangkauan alamnya," papar Tingley.

Namun mengingat studi menemukan perubahan tersebut secara konsisten di hampir seluruh spesies yang melintasi Amerika Utara yang mencakup banyak lingkungan berbeda, tak ada hipotesis yang masuk akal tersisa kecuali perubahan iklim.