Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahkan Rekor Dunia, Burung Bar-Tailed Godwit Terbang Sejauh 13.560 Km Tanpa Henti

Kompas.com - 31/10/2022, 08:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Guardian

KOMPAS.com - Seekor burung Bar-Tailed Godwit remaja diketahui telah memecahkan rekor dunia burung yang terbang secara terus menerus tanpa henti.

Burung yang hanya dikenal dengan nomor penanda satelitnya 234684 ini, telah terbang sejauh 13.560 kilometer dari Alaska ke negara bagian Tasmania di Australia.

Mengutip Guardian, Minggu (30/10/2022) burung berusia lima bulan itu berangkat dari Alaska pada 13 Oktober dan data satelit tampaknya menunjukkan, bahwa ia tak berhenti selama penerbangannya yang memakan waktu 11 hari dan satu jam.

Baca juga: Burung Nasar Tempuh Perjalanan hingga 1.200 Km dalam Seminggu

Burung Bar-Tailed Godwit (Limosa lapponica) yang ditandai di Alaska ini terbang setidaknya 13.560 kilometer sebelum mendarat di Anson Bay, di timur laut Tasmania.

Rekor sebelumnya dipegang oleh seekor jantan dewasa Burung Bar-Tailed Godwit yang terbang sejauh 13.000 km tahun lalu.

Para ilmuwan melacak burung dengan menggunakan tag atau penanda satelit 5G, yang terpasang di punggung bawah burung.

Menurut data dari proyek pelacakan burung Max Planck Intitute, burung yang bermigrasi mengambil rute ke barat Hawaii, melanjutkan di atas lautan terbuka dan terbang di atas negara kepulauan Pasifik Kiribati pada 19 Oktober.

Sekitar dua hari kemudian burung itu akan terbang di atas daratan, melewati Vanuatu dan melanjutkan ke selatan mengambil jalur sekitar 620 km timur Sydney dan menuju antara pantai timur Australia dan Selandia Baru.

Lalu pada tanggal 23 Oktober, burung Bar-Tailed Godwit remaja ini membelok tajam ke kanan dan menuju ke barat, sebelum akhirnya tiba di Tasmania pada tanggal 25 Oktober.

"Hal yang paling menakjubkan adalah burung Bar-Tailed Godwit remaja bermigrasi secara terpisah dengan dewasa. Burung dewasa berangkat dari Kutub Utara, kadang-kadang enam minggu lebih awal," kata Sean Dooley dari BirdLife Australia.

Dengan burung dewasa yang berangkat terlebih dulu, burung remaja pun memiliki kesempatan menggemukan diri terlebih dahulu, tanpa harus bersaing dengan yang dewasa sebelum migrasi panjang ke selatan.

Baca juga: Studi Buktikan, Mendengar Kicauan Burung Baik untuk Kesehatan Mental

Dooley juga menyebut, burung Bar-Tailed Godwit memiliki kemampuan untuk mengecilkan organ dalam mereka, sehingga dapat membuat lebih banyak ruang untuk simpanan lemak.

Sementara itu, masih menjadi misteri bagaimana burung-burung itu bisa menemukan jalan migrasi hingga bisa sampai tujuan.

Burung Bar-Tailed Godwit merupakan salah satu dari ratusan spesies burung yang berkembang biak selama musim panas di Alaska yang singkat. Lalu saat musim dingin datang, mereka akan bermigrasi ke daerah tropis atau wilayah seperti Australia dan Selandia Baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com