Nenek Moyang Manusia Berjalan dengan Dua Kaki 7 Juta Tahun Lalu

Kompas.com - 25/08/2022, 18:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Nenek moyang manusia disebut menggunakan keempat kakinya untuk berjalan sebelum akhirnya berevolusi berjalan dengan dua kaki.

Dan peralihan cara berjalan dari empat ke dua ini pun menjadi momen besar dalam evolusi spesies kita. Itu mengapa para ilmuwan ingin mencari tahu dengan tepat kapan peristiwa tersebut terjadi.

Kini dalam sebuah studi baru, peneliti dari University of Poitiers di Perancis berhasil mengungkapnya. Mereka menyebut adaptasi cara berjalan itu terjadi sekitar 7 juta tahun yang lalu.

Temuan ini berdasarkan analisis rinci fosil paha (femur) dan lengan bawah (ulna) dari Sahelanthropus tchadensis, spesies perwakilan tertua manusia. Fosil ini pertama kali ditemukan di Toros-Menella di Chad pada tahun 2001.