Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Salamander Raksasa China | Mahasiswa Unhas Mengaku Gender Netral | Manfaat Makan Nasi Putih | Memelihara Channa Auranti

Kompas.com - 24/08/2022, 07:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Berita populer Sains terkait salamander raksasa China sebagai salah satu spesies amfibi terbesar di dunia, menjadi informasi menarik sepanjang Selasa (23/8/2022).

Salamander bernama latin Andrias davidianus ini merupakan spesies amfibi terbesar, sebab di alam liar, panjang tubuhnya dapat mencapai 1,8 meter.

Spesies salamander raksasa dari China tersebut juga merupakan hewan yang terancam punah.

Video yang menunjukkan mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan, diusir dosen setelah mengaku non-biner atau gender netral, viral dan ramai ditanggapi warganet di media sosial. Terkait hal ini, pakar antropologi pun angkat bicara tentang persoalan gender netral.

Nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Asia, termasuk Indonesia. Kendati jenis nasi putih cenderung dianggap memiliki reputasi buruk, namun ternyata ada manfaat sekaligus efek samping dari mengkonsumsi nasi putih.

Ada beragam jenis ikan Channa yang menarik para penggemar ikan hias, tak terkecuali ikan Channa aurantimaculata. Informasi tentang ikan predator ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Selasa.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (23/8/2022) hingga Rabu (24/8/2022).

Salamander raksasa China terbesar di dunia

Salamander raksasa China ini dianggap sebagai spesies amfibi terbesar di dunia setelah para peneliti mengidentifikasi varietas baru menggunakan DNA dari spesimen di museum.

Dilansir dari BBC Science Focus, edisi 17 September 2019, salamander raksasa ini dianggap sebagai satu spesies.

Akan tetapi, analisa spesimen mati dan masih hidup di Zoological Society of London (ZSL) dan Natural History Museum menunjukkan terdapat tiga spesies di sejumlah daerah di China. Tiga varietas itu di antaranya Andrias davidianus, Andrias sligoi dan Andrias japonicus.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Ecology and Evolution, para peneliti menemukan salamander raksasa China Selatan (Andrias sligoi) sebagai spesies yang terbesar dari 8.000 atau lebih spesies hewan amfibi yang hidup saat ini.

Penetapan salamander raksasa China Selatan sebagai spesies tersendiri, pertama kali diusulkan pada tahun 1920-an.

Kendati demikian, populasi salamander raksasa China ini semakin terancam punah, karena kerap diburu untuk dikonsumsi.

Berita populer Sains tentang salamander raksasa China ini, selengkapnya dapat dibaca di sini.

Baca juga: Salamander Raksasa China, Disebut Amfibi Terbesar di Dunia

Mahasiswa Unhas mengaku gender netral

Video viral yang belum lama ini terjadi, menampilkan seorang mahasiswa diusir dari ruangan oleh dosen pada kegiatan pengenalan mahasiswa baru, di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com