Salin Artikel

[POPULER SAINS] Salamander Raksasa China | Mahasiswa Unhas Mengaku Gender Netral | Manfaat Makan Nasi Putih | Memelihara Channa Auranti

KOMPAS.com - Berita populer Sains terkait salamander raksasa China sebagai salah satu spesies amfibi terbesar di dunia, menjadi informasi menarik sepanjang Selasa (23/8/2022).

Salamander bernama latin Andrias davidianus ini merupakan spesies amfibi terbesar, sebab di alam liar, panjang tubuhnya dapat mencapai 1,8 meter.

Spesies salamander raksasa dari China tersebut juga merupakan hewan yang terancam punah.

Video yang menunjukkan mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan, diusir dosen setelah mengaku non-biner atau gender netral, viral dan ramai ditanggapi warganet di media sosial. Terkait hal ini, pakar antropologi pun angkat bicara tentang persoalan gender netral.

Nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Asia, termasuk Indonesia. Kendati jenis nasi putih cenderung dianggap memiliki reputasi buruk, namun ternyata ada manfaat sekaligus efek samping dari mengkonsumsi nasi putih.

Ada beragam jenis ikan Channa yang menarik para penggemar ikan hias, tak terkecuali ikan Channa aurantimaculata. Informasi tentang ikan predator ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Selasa.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (23/8/2022) hingga Rabu (24/8/2022).

Salamander raksasa China terbesar di dunia

Salamander raksasa China ini dianggap sebagai spesies amfibi terbesar di dunia setelah para peneliti mengidentifikasi varietas baru menggunakan DNA dari spesimen di museum.

Dilansir dari BBC Science Focus, edisi 17 September 2019, salamander raksasa ini dianggap sebagai satu spesies.

Akan tetapi, analisa spesimen mati dan masih hidup di Zoological Society of London (ZSL) dan Natural History Museum menunjukkan terdapat tiga spesies di sejumlah daerah di China. Tiga varietas itu di antaranya Andrias davidianus, Andrias sligoi dan Andrias japonicus.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Ecology and Evolution, para peneliti menemukan salamander raksasa China Selatan (Andrias sligoi) sebagai spesies yang terbesar dari 8.000 atau lebih spesies hewan amfibi yang hidup saat ini.

Penetapan salamander raksasa China Selatan sebagai spesies tersendiri, pertama kali diusulkan pada tahun 1920-an.

Kendati demikian, populasi salamander raksasa China ini semakin terancam punah, karena kerap diburu untuk dikonsumsi.

Berita populer Sains tentang salamander raksasa China ini, selengkapnya dapat dibaca di sini.

Mahasiswa Unhas mengaku gender netral

Video viral yang belum lama ini terjadi, menampilkan seorang mahasiswa diusir dari ruangan oleh dosen pada kegiatan pengenalan mahasiswa baru, di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan.

Mahasiswa dalam potongan video tersebut mengaku bukan laki-laki dan perempuan, tetapi menyebut dirinya sebagai gender netral.

Video yang ramai diperbincangkan warganet itu, melibatkan Wakil Dekan III Fakultas Hukum Unhas yang terekam beberapa kali menanyakan sebuah pertanyaan kepada mahasiswa baru itu.

Menanggapi pemberitaan mahasiswa Unhas diusir dosen karena mengaku gender netral, Kepala Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Dr Irwan Hidayana, pun angkat bicara.

Irwan mengaku belum mengetahui konteks yang ditanyakan apakah berkaitan dengan jenis kelamin (sex), atau gender dari sang dosen kepada mahasiwa Unhas dalam video viral tersebut.

Serta, hal apa yang membuat Wakil Dekan III Unhas menanyakannya sampai akhirnya mahasiswa menjawab dirinya termasuk gender netral atau non-biner.

Selengkapnya, berita populer Sains tentang gender netral yang disampaikan mahasiswa Unhas tersebut, dapat dibaca di sini.

Manfaat nasi putih dan efek sampingnya

Nasi adalah salah satu biji-bijian yang paling sering dimakan di seluruh dunia. Mayoritas masyarakat di Asia, termasuk Indonesia menjadikan nasi putih sebagai makanan pokok.

Tak lengkap rasanya bila makan nasi tanpa lauk seperti ikan, ayam, daging, maupun jenis sayur-sayuran.

Dibandingkan nasi merah, nasi putih cenderung dianggap memiliki reputasi buruk, bahkan sering digambarkan sebagai sumber karbohidrat jahat, sehingga bisa memengaruhi kesehatan.

Namun, benarkah nasi putih hanya memberikan dampak buruk pada kesehatan?

Penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook, The 7 Ingredient Healthy Pregnancy Cookbook, dan Fueling Male Fertility yang juga ahli gizi, Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, CLEC, CPT, membeberkan sejumlah manfaat nasi putih dan efek samping nasi putih.

Ternyata, manfaat nasi putih terbukti cukup baik dalam menghasilkan energi. Selain itu, nasi putih juga memiliki manfaat baik dalam menguatkan tulang.

Selengkapnya berita populer Sains tentang apa saja manfaat nasi putih, dapat disimak di sini.

Memelihara Channa auranti

Ikan hias jenis Channa aurantimaculata, merupakan spesies yang juga tengah digandrungi kalangan akuaris. Channa aurantimaculata adalah spesies snakehead berukuran sedang dan berwarna-warni.

Ikan endemik di sungai Brahmaputra, timur laut India, tepatnya berasal dari wilayah Assam. Ikan gabus ini harus mampu menahan penurunan suhu musiman di bawah tingkat tropis. Sebab, suhu air turun drastis di musim dingin yang kering dan akan meningkat saat tropis di musim panas.

Spesies Channa auranti mempunyai 45-47 jari sirip punggung, 28-30 jari sirip dubur, 51-54 sisik gurat sisi, dan 8-12 sisik pipi.

Channa aurantimaculata tidak toleran terhadap spesies sejenisnya, tapi ikan Channa ini bisa hidup bersama dengan spesies lain seperti C. andrao dan C. bleheri dalam ekosistem mikro tidak bersahabat, yang terdiri dari hutan tropis dan monsun kuat.

Ikan Channa aurantimaculata bisa dipelihara sendiri atau berpasangan. Untuk membentuk pasangan, sekelompok spesimen muda bisa ditempatkan dalam satu wadah sampai pasangan terbentuk.

Selengkapnya berita populer Sains tentang ikan Channa auranti ini, dapat dibaca di sini.