Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2022, 17:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bumi adalah planet ketiga dari Matahari dan planet terbesar kelima di tata surya dalam hal ukuran dan massa.

Salah satu fitur yang paling menonjol dari Bumi adalah permukaannya menjadi satu-satunya tempat di alam semesta yang diketahui menyimpan kehidupan. 

Massa Bumi

Dilansir dari Universe Today, massa bumi, jika dituliskan secara lengkap, adalah 5.973.600.000.000.000.000.000 kg. Bisa juga dikatakan massa Matahari memiliki massa 333.000 kali lebih besar dari Bumi dan Jupiter memiliki massa 318 kali lebih besar.

Karena massanya yang tinggi untuk ukurannya, Bumi sebenarnya memiliki kepadatan tertinggi dari semua planet di Tata Surya. 

Baca juga: Dome Fuji, Tempat yang Memiliki Suhu Terdingin di Bumi

Massa jenis Bumi adalah 5,52 gram per sentimeter kubik. Kepadatan tinggi berasal dari inti logam bumi, yang dikelilingi oleh mantel berbatu.

Cara ilmuwan mengukur massa planet

Dikutip dari Astronomy Department, Cornell University, satu-satunya cara untuk mengukur massa planet adalah melalui gravitasinya. Ini juga merupakan cara massa Bumi diukur. 

Teknik yang paling umum digunakan untuk mengukur massa planet adalah mengamati benda yang mengorbit atau melintas di dekat planet dan melihat bagaimana lintasannya dipengaruhi oleh gravitasi planet.

Sebagai contoh, jika melihat bulan mengorbit sebuah planet pada jarak tertentu, periode orbit bulan pada jarak tersebut akan sangat bergantung pada massa planet.

Baca juga: BRIN Potret Gambar Fenomena Langka Komet K2 Melintasi Planet Bumi

Semakin besar planet, semakin kuat ia menarik bulan dan semakin cepat bulan bergerak. 

Sangat mudah bagi para astronom untuk menghitung massa planet setelah mengamati gerakan salah satu bulannya untuk sementara waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com