Kompas.com - 28/07/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Penyebaran infeksi virus monkeypox atau cacar monyet terus meluas, bahkan di negara-negara non endemis. Kejadian ini pun membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengambil langkah dengan menetapkan penyakit cacar monyet sebagai darurat kesehatan global pada 23 Juli lalu.

Infeksi cacar monyet telah terdeteksi di negara tetangga kita, seperti Singapura. Namun, sejauh ini pemerintah menegaskan bahwa kasus cacar monyet belum terdeteksi.

“Situasi di Indonesia sampai dengan hari ini sejak diumumkan kasus pertama di Inggris, belum ada kasus konfirmasi,” ujar juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Mohammad Syahril dalam acara konferensi pers “Update Perkembangan Cacar Monyet di Indonesia” pada Rabu (27/7/2022).

Syahril menjabarkan sejumlah gejala dari infeksi cacar monyet, yang diawali dengan demam tinggi, sakit kepala berat, disusul kemunculan ruam atau lesi.

Sebagai upaya pencegahan, lanjut dia, masyarakat yang mengalami gejala demam dan ruam diharapkan segera memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Baca juga: Cacar Monyet Ditetapkan sebagai Darurat Kesehatan Global, Kenali Karakteristiknya

Lantas, bagaimana pembiayaan penyakit cacar monyet di Indonesia?

Plt Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kemenkes Endang Budi Hastuti menjelaskan bahwa pemerintah tengah mempersiapkan aturan terkait pembiayaan pengobatan cacar monyet.

Nantinya, pembiayaan infeksi cacar monyet atau monkeypox akan diatur melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

“Saat ini sedang disiapkan aturan untuk pembiayaan ini,” kata Endang.

Ditanggungnya pembiayaan perawatan untuk monkeypox atau cacar monyet karena penyakit ini masuk dalam kategori penyakit infeksi emerging atau menyerang satu populasi.

“Untuk monkeypox ini, bisa ditanggung oleh pemerintah. Nanti kita kan punya Permenkes yang mengatur ya untuk penyakit-penyakit infeksi emerging, itu memang ditanggung pemerintah jika memang penyakit itu masuk dalam list penyakit yang infeksi emerging,” ujar Endang.

Baca juga: WHO Tetapkan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global, Ini Rekomendasi untuk Setiap Negara

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.