Kali Pertama, Ahli Temukan Fosil Burung Nasar Purba di Australia

Kompas.com - 21/07/2022, 16:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Penelitian baru berhasil mengungkap fosil burung pemakan bangkai purba.

Fosil burung nasar Cryptogyps lacertosus (artinya burung pemakan bangkai yang kuat dan tersembunyi), merupakan burung bangkai purba pertama yang ditemukan di Australia.

Burung ini hidup antara 500 hingga 50.000 tahun yang lalu dan dikenal sebagai burung nasar 'Dunia Lama'. Spesies serupa masih ada sampai sekarang, meskipun tak lagi dijumpai di Australia.

Temuan fosil ini pun sebenarnya cukup menarik. Pasalnya, selama lebih dari 100 tahun, ahli paleontologi berpikir bahwa itu merupakan fosil elang (Taphaetus lacertosus).

Baca juga: Sering Patuk Pohon, Mengapa Burung Pelatuk Tak Alami Cedera Otak?

Namun berkat studi ulang fosil, akhirnya berhasil terungkap bahwa fosil merupakan burung pemakan bangkai.

Dikutip dari Science Alert, Rabu (20/7/2022) klasifikasi ulang ini pun menyoroti betapa beragamnya megafauna dan satwa liar lainnya di bagian dunia ini pada periode Pleistosen yang dimulai sekitar 2,5 juta tahun lalu dan berakhir sekitar 11.700 tahun yang lalu.

"Kami membandingkan fosil dengan burung pemangsa dari seluruh dunia dan menjadi jelas bahwa itu tak diadaptasi menjadi pemburu dan juga bukan merupakan elang," kata Ellen Mather, ahli paleontologi dari Flinder University, Australia.

Kecurigaan itu terlihat dari fitur tulang kaki bagian bawah terlalu ke belakang untuk mendukung otot yang diperlukan untuk membunuh mangsa.

"Ketika kami menempatkan Cryptogyps di pohon evolusi, ini mengonfirmasi kecurigaan kami bahwa fosil burung adalah burung pemakan bangkai dan kami sangat bersemangat untuk mempublikasikan temuan ini," ungkap Mather.