Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini 3 Bahan Herbal yang Dapat Meningkatkan Imunitas Anak

Kompas.com - 19/04/2022, 15:03 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bahan herbal dapat berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas, baik dewasa dan anak-anak.

Sistem imun merupakan semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya, baik yang berasal dari luar tubuh maupun dalam tubuh sendiri.

Imunomodulator merupakan zat yang dapat memodifikasi respons imun dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan seperti mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

“Dengan mengonsumsi imunomodulator, maka akan mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu,” ujar Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si dalam acara peluncuran Imugard Junior, produk immunomodulator untuk anak, yang diadakan oleh PT Deltomed Laboratories Tbk, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Apa Saja Manfaat Madu untuk Menjaga Sistem Imunitas Tubuh?

Inggrid menambahkan, imunomodulator herbal berperan meningkatkan daya tahan tubuh yang berdampak pada percepatan pemulihan dari infeksi dan menurunkan kerentanan terhadap infeksi, yang pada akhirnya mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Terdapat bermacam-macam herbal yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh anak maupun dewasa, di antaranya adalah meniran, daun kelor, dan kunyit yang merupakan tiga kandungan herbal utama dari Imugard Junior.

Meniran, daun kelor, kunyit, dan madu merupakan herbal dari Indonesia yang aman untuk dikonsumsi anak-anak,” jelas dia.

Ia menjelaskan, salah satu kandungan dalam meniran mampu menghancurkan bakteri dengan proses fagositosis.

“Meniran cukup terkenal sebagai tanaman herbal yang ampuh untuk membantu memelihara daya tahan tubuh,” kata Inggrid.

Adapun daun kelor, kaya akan nutrisi sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak, sedangkan kunyit ampuh memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Meniran

Meniran atau Phyllanthus niruri bersifat imunostimulasi, yang bermanfaat mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air.

Komponen catechin dan quercetin dalam meniran juga dapat menghambat proes peradangan yang berlebihan dan berfungsi sebagai imunomodulator pada Covid-19.

Inggrid menyebutkan, meniran aman untuk digunakan atau dikonsumsi jangka panjang.

Baca juga: Bantu Meningkatkan Imunitas, Ini 4 Bahan Herbal yang Cocok Dicampur Madu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com