Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2022, 05:35 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comSakit pinggang bisa sangat mengganggu keseharian Anda. Jika sakit pinggang menyerang, Anda akan kesulitan melakukan aktivitas. Berikut ini adalah beberapa obat herbal sakit pinggang yang layak Anda coba untuk mengurangi rasa sakit Anda.

Obat herbal sakit pinggang

Dilansir dari Spine Health, terdapat beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit pinggang. Cara ini bisa dilakukan dengan mengobati dari dalam dan juga dari luar. Untuk mengobati sakit pinggang dari dalam, Anda perlu mengonsumsi minuman antiinflamasi setiap hari.

Minuman antiinflamasi ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan beberapa jenis herbal, yang terkenal dengan efek antiinflamasinya. Dengan mengonsumsinya setiap hari, Anda bisa mengurangi sakit pinggang yang Anda rasakan.

Berikut obat herbal sakit pinggang yang perlu Anda coba:

1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu rimpang yang terbukti kaya antioksidan, serta memiliki efek antiinflamasi dan meredakan arthritis. Cara mudah mengonsumsinya adalah dengan menyeduh kunyit yang dipotong kecil-kecil atau kunyit bubuk ke dalam segelas air hangat.

Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan madu atau susu. Minuman ini paling baik dikonsumsi sebelum tidur.

2. Jahe

Mirip dengan kunyit. Jahe adalah salah satu rimpang yang banyak manfaatnya bagi tubuh. Kandungan antiinflamasi di dalam jahe sangat tinggi dan bisa membantu menyembuhkan sakit pinggang yang Anda alami. Anda bisa mencampurnya seperti kunyit, atau menyeduhnya dalam secangkir teh hijau.

Baca juga: Kenali Gejala dan Faktor Risiko Sakit Pinggang Akibat Saraf Kejepit

3. Feverfew

Feverfew memiliki nama latin Tanacetum parthenium. Ini merupakan bunga herbal yang sudah terkenal mampu mengatasi rasa sakit dan inflamasi. Dahulu, obat ini hanya digunakan untuk sakit kepala saja. Namun sekarang herbal ini juga telah digunakan untuk radang sendi dan sakit pinggang.

Anda bisa meminum herbal ini dalam sediaan ekstrak. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi feverfew yang sudah terkandung dalam beberapa obat penahan sakit yang dijual bebas di apotek.

4. Devil’s claw

Devil’s claw mungkin belum banyak dikenal di Indonesia. Tapi, Anda bisa dengan mudah menemukannya dalam sediaan suplemen yang dijual bebas. Devil’s claw terbukti secara ilmiah mampu mengurangi sakit pinggang dan arthritis.

Selain dengan mengonsumsi obat herbal sakit pinggang tersebut, Anda juga bisa menunjangnya dengan melakukan beberapa hal. Hal yang bisa membantu Anda mengurangi rasa sakit pada pinggang antara lain istirahat yang cukup, peregangan, menjaga postur dan menghindari duduk terlalu lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com