Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Louis van Gaal Idap Kanker Prostat, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Kompas.com - 05/04/2022, 16:30 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Pelatih timnas Belanda Louis van Gaal tengah berjuang melawan kanker prostat yang dideritanya.

Kondisi kesehatan tersebut diungkapkannya dalam sebuah program televisi Belanda, Humberto pada Minggu (3/4/2022) lalu.

Mantan pelatih Manchester United ini mengaku menutupi penyakit kanker prostat yang dideritanya dari para pemain timnas Belanda selama jeda internasional pada akhir Maret 2022.

Apa itu kanker prostat?

Penyakit ini terjadi pada prostat. Prostat merupakan kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria, yang menghasilkan cairan mani yang memberikan nutrisi dan mengangkut sperma.

Kanker prostat menjadi salah satu jenis kanker yang paling umum. Banyak kanker prostat yang tumbuh lambat dan terbatas pada kelenjar prostat, di mana kemungkinan tidak menyebabkan kerusakan serius.

Akan tetapi, beberapa jenis kanker prostat tumbuh lambat dan mungkin memerlukan perawatan minimal atau bahkan tanpa pengobatan, jenis lain bersifat agresif dan dapat menyebar dengan cepat.

Baca juga: Aktor William Hurt Mengidap Kanker Prostat Sebelum Meninggal, Kenali Penyebab hingga Gejalanya

Penyakit kanker prostat seperti yang dialami Louis van Gaal ini, jika terdeteksi lebih awal, saat masih terbatas pada kelenjar prostat, mempunyai peluang terbaik untuk pengobatan yang berhasil.

Bagaimana mencegah kanker prostat?

Dilansir dari Mayoclinic, Selasa (5/4/2022) sejauh ini belum diketahui secara pasti penyebab kanker prostat.

Akan tetapi, diketahui bahwa jenis kanker tersebut dimulai saat sel-sel di prostat mengembangkan perubahan dalam DNAnya. DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan.

Perubahan akan membuat sel tumbuh dan membelah lebih cepat dibandingkan sel normal. Sel-sel abnormal terus hidup, bahkan saat sel-sel lain akan mati.

Akumulasi sel-sel abnormal membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan didekatnya. Pada waktunya, beberapa sel abnormal dapat pecah dan bermetastasis ke bagian tubuh lainnya.

Pada dasarnya, kanker prostat adalah penyakit penuaan. Seiring bertambahnya usia, peluang atau risiko terkena kanker prostat meningkat.

Penyakit kanker prostat yang diderita pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal, itu awalnya hanya diketahui oleh beberapa teman dan kerabatnya.

Baca juga: Kanker Prostat: Pengertian, Penyebab, dan Gejala

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com