Kompas.com - 05/04/2022, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Beberapa orang menjadikan minum kopi sebagai bagian dari kehidupan mereka, sebelum menjalankan aktivitas di pagi hari.

 Akan tetapi, terkadang kopi dapat menyebabkan sakit perut hingga memicu buang air besar (BAB) setelah meminumnya.

Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari CNN, Senin (4/4/2022) sejauh ini belum banyak studi yang mengungkap kenapa minum kopi bikin sakit perut, dan menyebabkan orang terus buang air besar.

Baca juga: Studi Baru: Rutin Minum Kopi dan Teh Turunkan Risiko Stroke dan Demensia

 

Namun, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum kopi lebih efektif daripada air hangat dalam mendorong pergerakan usus.

"Ini mungkin juga kasus yang tidak perlu banyak penelitian untuk mengetahui bahwa kopi memicu buang air besar, karena kopi adalah bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang," papar Direktur Laboratorium Motilitas Gastrointestinal di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Dr. Kyle Staller.

Studi menunjukkan dalam beberapa kasus, senyawa kopi selain kafein mungkin berkontribusi menyebabkan pergerakan usus yang tiba-tiba.

Para peneliti mengatakan, jenis senyawa maupun bagaimana interaksi dengan saluran pencernaan, sebagian besar masih belum diketahui.

Menurut studi yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information tahun 1998, kopi mungkin merangsang aktivitas motorik di usus besar beberapa menit setelah dikonsumsi.

Tim peneliti menganalisis 12 peserta yang sehat dan ditemukan mengalami aktivitas ini.

Selama 10 jam di hari berikutnya, para peserta mengonsumsi kopi hangat, kopi tanpa kafein, air atau makanan.

Hasilnya adalah kedua jenis kopi dan makanan menyebabkan lebih banyak kontraksi dan tekanan usus besar, dibandingkan dengan air.

Baca juga: Ternyata Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Rasa Kopi Pahit

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.