Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Daftar Makanan yang Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Berpuasa

Kompas.com - 05/04/2022, 04:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan seperti saat ini, tubuh cenderung terasa lemas dan tak bertenaga karena perut tidak terisi oleh asupan apa pun selama lebih dari 12 jam.

Selama berpuasa, imunitas tubuh juga harus tetap terjaga, terlebih di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, Anda dapat terlindungi dari paparan virus corona maupun jenis penyakit lainnya.

Spesialis Gizi Klinik di Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong, DR. dr. Yustina Anie Indriastuti, Msc.,Sp.GK, turut membagikan sederet daftar makanan untuk meningkatkan imun selama puasa.

Menurutnya, sejumlah makanan yang dapat meningkatkan imunitas harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air dan serat.

Baca juga: Ini Tips Puasa untuk Lansia, Hindari Makanan Tinggi Gula hingga Rutin Olahraga

Kandungan nutrisi tersebut baik untuk imunitas tubuh selama berpuasa, bila dikonsumsi dalam jumlah cukup serta sesuai dengan pola gizi seimbang. Selain itu, pemenuhan cairan saat puasa juga perlu diperhatikan.

Bagi orang dewasa kebutuhan cairan per harinya adalah minimal delapan gelas, Anda dapat menyesuaikannya dengan waktu berbuka dan sahur. 

Adapun daftar makanan yang dapat dikonsumsi dan membantu tingkatkan imunitas saat puasa di antaranya:

1. Makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber zat tenaga seperti nasi, roti gandum, kentang, dan minyak.

2. Makanan dengan protein hewani dan nabati seperti ikan, ayam, telur, susu, tahu, tempe dan kacang-kacangan.

3. Sayuran hijau yang mengandung vitamin C seperti brokoli, kangkung, wortel, tomat, bayam, sawi hijau, serta labu kuning

4. Kemudian konsumsi buah-buahan berwarna kuning kemerahan yang mengandung provitamin A (beta karoten) seperti alpukat, jeruk, pepaya, semangka,belimbing, apel, dan nanas.

"Suplemen dan mineral yang mengandung vitamin C, beta karoten, zinc, vitamin D, seleneum, vitamin E, vitamin B kompleks bisa diberikan (untuk meningkatkan imunitas), terutama pada kelompok risiko seperti lansia," ungkap Yustina, saat dihubungi Kompas.com Minggu (3/4/2022).

Baca juga: Cara Mencegah Asam Lambung Naik pada Penderita Mag Selama Puasa

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com