Kompas.com - 04/04/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini melaporkan temuan varian baru virus corona di Inggris, yang sementara disebut sebagai varian XE.

Dilansir dari NDTV, Minggu (3/4/2022); pihaknya meyakini bahwa XE adalah rekombinan atau gabungan dari subvarian BA.1 dan BA.2.

WHO mengatakan bahwa varian XE memiliki strain yang lebih kuat dibandingkan varian virus corona sebelumnya, dan diduga 10 persen lebih menular dari subvarian BA.2 yang dijuluki varian Omicron siluman.

"Dugaan awal menunjukkan varian baru ini 10 persen lebih menular dibandingkan BA.2, akan tetapi bagaimanapun, temuan ini masih memerlukan konfirmasi lebih lanjut," ungkap WHO.

Baca juga: Varian Covid-19 Deltacron Terdeteksi di Eropa, Apa Saja Gejala Deltacron?

Badan Kesehatan Inggris menyampaikan, varian XE pertama kali dideteksi pada 19 Januari 2022 lalu, dengan 637 kasus yang sudah teridentifikasi terpapar varian ini.

Dijelaskan Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman, varian XE adalah varian yang berasal dari struktur protein Omicron atau B.1.1.529.

Menurut dia, varian ini juga harus diwaspadai terkait dengan tingkat penularannya lantaran merupakan rekombinasi dari dua subvarian Omicron.

"Yang membuat kita harus waspada adalah informasi awal yang dirilis menunjukkan varian Omicron XE, 10 persen lebih lebih cepat penyebarannya, kemampuan menginfeksinya, dibandingkan Omicron BA.2," ujar Dicky kepada Kompas.com, Senin (4/4/2022).

Lebih lanjut, dia mengatakan, apabila varian XE 10 persen lebih menular dibandingkan subvarian Omicron sebelumnya maka virus ini 40 persen lebih cepat daripada varian Delta terkait penyebarannya.

Baca juga: Amerika Serikat Alami Lonjakan Kasus Omicron Siluman BA.2, Ini Dampaknya Menurut Ahli

"Sekali lagi ini membuktikan bahwa di tengah euforia dunia terhadap pandemi Covid, (temuan ini) mengingatkan kembali bahwa kita tidak bisa abai, tidak bisa longgar yang tidak terkendali," imbuhnya.

Halaman:
Sumber NDTV
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.