Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa, dari Makanan hingga Perawatan

Kompas.com - 02/04/2022, 16:00 WIB
Mela Arnani,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berpuasa tetap harus memperhatikan kesehatan kulit. Berkurangnya cairan dapat mempengaruhi kulit sehingga dapat terlihat bersisik, pecah-pecah, kering, dan gatal.

Selain itu, bisa terjadi bibir pecah-pecah yang mengakibatkan gatal hingga luka yang nyeri. Perilaku menjilat bibir dapat memperburuk kondisi ini.

“Kegiatan menjilat bibir yang bertujuan membasahi bibir malah akan memperburuk kondisi kekeringan bibir hingga dapat menyebabkan eksim pada bibir,” ujar Spesialis Kulit dan Kelamin Bamed, dr. Aninda Marina, SpDV seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (2/4/2022).

Ia menambahkan, berkurangnya cairan dan kurangnya tidur dapat menyebabkan tampilan kulit menjadi kusam, tidak cerah, gelap, dan sayu.

“Selain itu, buka puasa dengan makanan manis ataupun makanan berminyak yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Apalagi dengan kurangnya tidur yang akan mengganggu ritme sikardian normal sehingga mempermudah pertumbuhan jerawat,” paparnya.

Baca juga: Ibu Hamil Boleh Puasa, Asalkan...

Tips menjaga kesehatan kulit saat puasa

Aninda menjabarkan sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit tetap prima saat puasa, sebagai berikut:

1. Cairan cukup

Memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih sedikitnya 1,5 liter dalam 24 jam atau 30 ml/kgbb/24 jam saat buka puasa maupun sahur.

“Hindari konsumsi kopi dan soda, karena minuman tersebut dapat menghambat nutrisi dan mengganggu kelembapan kulit yang memicu kulit kering,” kata dia.

Rehidrasi sangat penting, kebutuhan cairan harus selalu terpenuhi untuk kulit yang sehat.

2. Pelembap

Dianjurkan untuk menggunakan pelembap yang mengandung hyaluronic acid atau gliserin secara rutin dua kali sehari setelah mandi agar dapat mempertahankan kulit dari kekeringan.

“Berikan juga pelembap bibir yang mengandung petroleum jelly tanpa pewangi agar mencegah bibir kering dan mencegah luka,” tutur Aninda.

Baca juga: Menjaga Ketersediaan Air untuk Kehidupan Mendatang, Bagaimana Caranya?

3. Makanan

Hindari konsumsi makanan manis yang berlebihan saat berbuka puasa karena dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kurangi konsumsi gula berlebih pada minuman maupun makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com