Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadal Berusia 110 Juta Tahun Ditemukan Terjebak dalam Batu Ambar

Kompas.com - 18/03/2022, 19:31 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peneliti berhasil menemukan kadal kecil berusia 110 juta tahun yang berkerabat jauh dengan kadal modern terperangkap dalam batu ambar di Hkamti, Myanmar.

Salah satu peneliti yang terlibat, Dr Juan Daza dari Sam Houston State University juga menyebut kadal tersebut merupakan spesies baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Peneliti pun lantas menamainya dengan Retinosaurus hkamtiensis atau yang berarti kadal ambar dari Hkamti.

Peneliti juga menganggapnya sebagai anggota dari superfamili kadal Scincoidea yang termasuk di dalamnya mencakup kadal, kadal lapis baja, dan kadal malam.

Namun hal yang menarik lainnya adalah fosil kadal ini terawetkan dengan baik sehingga dapat memberikan wawasan mengenai reptil dari 110 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Kadal Tanpa Kaki, Jenis Kadal yang Mirip Ular

Meskipun ekor dan kaki belakangnya tidak ada di ambar, kadal ini masih mampu menawarkan banyak hal yang tidak dimiliki fosil lain, seperti sisik dan kelopak mata kirinya.

"Kami memiliki kesempatan langka untuk mempelajari kerangka artikulasi, tetapi juga menggambarkan penampilan luar kadal (skalasi) dengan cara yang sama seperti ahli herpetologi mempelajari spesies modern," ungkap Daza dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari IFL Science, Jumat (18/3/2022).

Lebih lanjut, temuan fosil kadal di batu ambar yang dipublikasikan di Scientific Reports ini menunjukkan pula jika kadal masih remaja dan mungkin belum belajar bagaimana menghindari getah pohon yang menganggu dan membuatnya mati sebelum waktunya.

Retinosaurus, spesies kadal ditemukan di batu ambar ini diperkirakan memiliki gaya hidup yang mirip dengan kadal malam dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di celah-celah batu dan kayu.

Baca juga: Kadal Raksasa Belajar Terbang Selama 150 Juta Tahun, Kok Bisa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com