Fosil Reptil Modern Nenek Moyang Kadal Ditemukan, Seperti Apa?

Kompas.com - 30/08/2021, 18:05 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Peneliti berhasil menemukan fosil reptil berusia 231 juta tahun yang merupakan cikal bakal reptil paling modern, diduga sebagai nenek moyang kadal dan ular.

Dalam temuan yang dipublikasikan di jurnal Nature itu, peneliti memberi nama fosil reptil tersebut Taytalura alcoberi.

Menurut peneliti, fosil yang digali di Argentina itu mewakili spesies purba yang merupakan nenek moyang Lepidosauria, dan merupakan kelompok vertebrata darat terbesar dengan sekitar 11.000 spesies di dalamnya.

Lepidosauria adalah kelompok reptil yang mencakup semua kadal dan ular.

"Saya mengetahui usia dan lokasi fosil dan dengan memeriksa beberapa fitur luarnya, saya juga mengetahui bahwa fosil itu berkerabat dengan kadal tetapi ia terlihat lebih primitif daripada kadal sejati. Dan itu adalah sesuatu yang sangat istimewa," ungkap Dr Tiago R Simoes, rekan penulis studi dari Universitas Harvard.