Planet Raksasa WASP-121b Diduga Memiliki Hujan Permata Cair, Studi Jelaskan

Kompas.com - 23/02/2022, 08:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber CNN

KOMPAS.com - Sebuah planet ekstrasurya raksasa atau exoplanet yang berjarak sekitar 855 tahun cahaya dari Bumi, diduga memiliki awan logam dan hujan permata cair di dalamnya. Exoplanet bernama WASP-121b ini juga diketahui memiliki beberapa keunikan.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy pada Senin (21/2/2022), planet WASP-121b itu pertama kali ditemukan pada tahun 2015 melalui pengamatan Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Suhu planet ini mencapai 2.227 derajat Celsius di lapisan atmosfer terdalam dan 3.227 derajat Celsius di lapisan atasnya pada sisi siang.

Sementara di sisi malam, suhunya lebih dingin yaitu 1.527 derajat Celsius, dan turun menjadi 1.227 derajat Celsius di atmosfer bagian atas.

Peneliti juga mengatakan massa serta diameter WASP-121b lebih besar daripada planet Jupiter.

Suhu exoplanet ini yang sangat panas membuat unsur-unsur logam berat seperti besi dan magnesium, terus-menerus mengalir keluar dari atmosfer menuju luar angkasa.