Ilmuwan Temukan Planet yang Diklaim Layak Huni, Bisakah Ditinggali Manusia?

Kompas.com - 13/02/2022, 16:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Para peneliti mengungkap, bahwa mereka telah menemukan sebuah planet layak huni baru-baru ini. Planet baru tersebut juga diketahui berdekatan dengan bintang katai putih.

Mereka mengatakan, bahwa planet ini berjarak sekitar 117 tahun cahaya, dan diduga memiliki air yang bisa menopang kehidupan di dalamnya.

Seperti dikutip dari BBC, Sabtu (12/2/2022) planet yang belum memiliki nama itu terdeteksi di zona layak huni bintang, di mana suhu sekitarnya tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

Dalam studi ini diterbitkan dalam Royal Astronomical Society pada 8 Februari 2022, pemimpin studi dari University College London, Prof Jay Farihi memaparkan bahwa pengamatan planet itu sangat baru bagi para astronom.