Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Temukan Planet yang Diklaim Layak Huni, Bisakah Ditinggali Manusia?

Kompas.com - 13/02/2022, 16:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Para peneliti mengungkap, bahwa mereka telah menemukan sebuah planet layak huni baru-baru ini. Planet baru tersebut juga diketahui berdekatan dengan bintang katai putih.

Mereka mengatakan, bahwa planet ini berjarak sekitar 117 tahun cahaya, dan diduga memiliki air yang bisa menopang kehidupan di dalamnya.

Seperti dikutip dari BBC, Sabtu (12/2/2022) planet yang belum memiliki nama itu terdeteksi di zona layak huni bintang, di mana suhu sekitarnya tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

Dalam studi ini diterbitkan dalam Royal Astronomical Society pada 8 Februari 2022, pemimpin studi dari University College London, Prof Jay Farihi memaparkan bahwa pengamatan planet itu sangat baru bagi para astronom.

Baca juga: Amankah bagi Manusia Melakukan Misi Perjalanan ke Mars? Ini Penjelasan Ilmuwan

Hal ini juga yang menurutnya memberikan peluang bagi manusia untuk menghuni planet baru, yang diduga memiliki kandungan air di dalamnya itu.

"Ini adalah pertama kalinya sesuatu terlihat di zona layak huni katai putih. Dengan demikian ada kemungkinan kehidupan di dunia lain yang mengorbitnya," ujar Farihi.

Biasanya bintang yang sangat besar akan menjadi lubang hitam saat mereka mati. Akan tetapi, ketika bintang yang berukuran lebih kecil mati, akan menjadi katai putih.

Ini lah bintang yang telah menggunakan semua bahan bakar nuklir, kemudian kehilangan lapisan luarnya.

Menurut para peneliti, bintang-bintang itu biasanya seukuran planet, dan memancarkan cahaya putih kebiruan saat pertama kali terbentuk.

Di sisi lain, ada kemungkinan planet tersebut berjarak 60 kali lebih dekat ke bintangnya, dibandingkan dari Bumi ke Matahari.

Kendati demikian, tim peneliti tidak memiliki bukti langsung tentang keberadaan planet yang layak huni itu.

Namun, pergerakan 65 struktur seukuran Bulan yang mengorbit zona layak huni katai putih menunjukkan planet tersebut berada di sana.

Baca juga: Prediksi Einstein Terbukti, Katai Putih Ditemukan Menyeret Ruang dan Waktu

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com