Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lokasi, Karakteristik, dan Jenis Sesar Semangko

Kompas.com - 25/01/2022, 20:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comSesar Semangko nerupakan salah satu sesar yang sangat aktif di daratan Sumatera. Sesar ini seringkali mengejutkan karena memunculkan gempa bumi yang cukup besar di tanah Sumatera.

Lokasi Sesar Semangko

Sesar Semangko adalah patahan yang memotong Pulau Sumatera dari ujung barat di Aceh, hingga Lampung. Sesar ini membentang di sepanjang sisi barat Pulau Sumatera.

Sesar Semangko juga dikenal dengan nama Sesar Sumatera. Sesar ini merupakan tumbukan antara lempeng Eurasia dan lempeng IndoAustralia dan memiliki panjang 1.900 kilometer.

Patahan Sumatera ini terbagi menjadi sekitar 20 segmen dengan panjang masing-masing segmen 60 sampai 200 kilometer. Segmen ini disebut juga dengan sesar minor. Segmen ini menyebabkan gempa bumi hanya mengenai daerah yang lebih pendek dan tidak sepanjang sesar.

Salah satu sesar minor yang sangat aktif adalah Sesar Tarahan. Sesar Tarahan ini sebagian besar panjangnya berada di Provinsi Lampung. Oleh karena itu, penduduk Lampung harus mengantisipasi gempa bumi akibat sesar ini.

Baca juga: Apa Itu Sesar Semangko?

Karakteristik dan Jenis Sesar Semangko

Sesar Semangko adalah sesar yang sangat aktif dan menimbulkan bahaya seismik karena sesar ini melewati kawasan yang padat penduduk. Sesar Semangko di bawah Pegunungan Bukit

Barisan memiliki arah geser kanan, sehingga termasuk sesar jenis strike-slip atau sesar geser.
Sesar strike-slip adalah salah satu dari tiga jenis sesar. Sesar ini ditandai dengan arah pergerakan yang relatif mendatar, yaitu ke kanan atau ke kiri.

Dilansir dari Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), sesar aktif ini bergerak dengna kecepatan relatif 6 sampai 7 sentimeter per tahun. Pergerakan ini terpusat di Selat Sunda yang terletak di antara Pulau Jawa dan Sumatera. Zona ini merupakan zona transisi perubahan arah dan kecepatan subduksi Lempeng IndoAustralia dan Lempeng Eurasia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com