Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Satelit Mengorbit Bumi, Apa Dampaknya bagi Kita?

Kompas.com - 23/11/2021, 11:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang makin pesat menjadi salah satu hal yang menyebabkan meningkatnya pemakaian satelit buatan. Sedikitnya, hingga saat ini sudah ada ribuan satelit telah diluncurkan di orbit Bumi.

Profesor Fisika di University of Massachusetts Lowell sendiri menyebut jumlah satelit yang diluncurkan pada 2020 sebanyak lebih dari 1300 satelit.

Sementara ini, pada 2021 diperkirakan lebih dari 1400 satelit baru mengorbit Bumi yang menyusul diluncurkan.

Adapun secara total, menurut United Nations' Outer Space Objects Index, ada sekitar 7.500 satelit aktif di orbit Bumi rendah (LEO) pada September 2021.

Kendati demikian, peluncuran satelit ini ibarat pedang bermata dua, di satu sisi mendukung perkembangan teknologi, tetapi di sisi lain satelit mengorbit Bumi juga dapat menimbulkan permasalahan baru.

Lantas, dengan apa dampak ribuan satelit mengorbit Bumi?

Baca juga: Mengapa Satelit Tidak Jatuh ke Bumi?

 

Dikutip dari Live Science, Senin (22/11/2021) berikut beberapa permasalahan atau dampak yang berpotensi timbul akibat banyaknya satelit di orbit Bumi.

1. Potensi tabrakan antarsatelit

Dampak banyak satelit mengorbit Bumi akan menimbulkan potensi tabrakan antarsatelit, yang dapat menyebabkan semakin banyaknya puing-puing sampah antariksa.

Setidaknya sudah ada 128 juta keping puing di LEO. Dari jumlah tersebut, sekitar 34.000 lebih berukuran 10 sentimeter. Jumlah tersebut akan lebih banyak lagi di masa depan.

"Pengoperasian yang aman dari banyak satelit akan menjadi tantangan besar," ungkap Aaron Boley, astronom di The University of British Columbia.

Puing-puing tersebut berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada satelit atau wahana antariksa lain.

Contohnya pada Juni 2021, Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pernah dihantam oleh puing-puing satelit yang melubangi lengan robot. Untungnya, tak ada kerusakan besar dan astronot selamat.

Baca juga: Ribuan Satelit Baru Bakal Mengorbit, Para Astronom Khawatir

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com