Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Satelit Pertama Tidak untuk Komunikasi

Kompas.com - 08/10/2020, 18:02 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sputnik 1 menjadi satelit pertama yang diluncurkan manusia ke orbit Bumi di luar angkasa. Akan tetapi, tahukah Anda satelit pertama di dunia buatan Uni Soviet itu ternyata tidak digunakan untuk berkomunikasi.

Satelit Sputnik 1, seperti dilansir dari Encyclopedia, Kamis (8/10/2020) yang diluncurkan pada 4 Oktober 1957 adalah kekuatan antariksa pertama bagi Uni Soviet dan menandai persaingan sengit dengan Amerika Serikat di bidang sains ini.

Empat bulan setelah Sputnik 1 mencapai orbit Bumi, Amerika menyusul dengan meluncurkan satelit Explorer I ke luar angkasa.

Kendati demikian, gagasan untuk menggunakan satelit sebagai satelit komunikasi telah ada sebelum Sputnik dan Explorer diluncurkan.

Baca juga: Pekan Antariksa Dunia, Kenali Manfaat Satelit untuk Kehidupan Manusia

 

Pada tahun 1945, Arthur C. Clarke yang pertama kali menyarankan bahwa satelit di orbit geosynchronous dapat digunakan untuk tujuan komunikasi. 

Namanya kemudian diabadikan untuk menyebut sabuk yang mengelilingi ekuator atau khatulistiwa yang berada di lebih dari 22.000 mil di luar angkasa, yang dikenal sebagai orbit Clarke.

Pada tahun 1960, Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) dan Skynet bergabung untuk meluncurkan balon berlapis aluminium eksperimental yaitu Echo 1.

Balon menjadi pemantul sinyal radio gelombang mikro antara Holmdel, New Jersey, dan Gold-stone, California. Echo 1 menjadi dasar studi dari semua perhitungan teknik transmisi satelit di masa depan. 

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Mengapa Bulan Disebut Satelit Alami?

 

Dua tahun kemudian, Telstar I, perusahaan patungan lain antara NASA dan Skynet, menjadi satelit komunikasi aktif pertama di dunia.

Communications Satellite Corporation (ComSat) yang didirikan pada tahun 1963, selanjutnya menandai dimulainya penyebaran dan pengoperasian satelit secara komersial.

Perkembangan satelit komunikasi

Organisasi Satelit Telekomunikasi Internasional (Intelsat) yang dibentuk pada tahun 1964 adalah konsorsium negara-negara yang terikat untuk bersama-sama mengoperasikan satelit komunikasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com