Kamasutra Satwa: Lobster Betina Lepaskan Cangkangnya Saat Kawin

Kompas.com - 08/10/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi lobster. Ilmuwan teliti sperma lobster untuk melihat dampak perubahan iklim pada kelangsungan hidup spesies. WIKIMEDIA COMMONS/Ed BiermanIlustrasi lobster. Ilmuwan teliti sperma lobster untuk melihat dampak perubahan iklim pada kelangsungan hidup spesies.

KOMPAS.com - Lobster merupakan udang besar (Crustacea) dengan cangkang keras yang tubuhnya memiliki dua bagian, yaitu kepala yang menyatu dengan perut atau bagian badan.

Tubuh lobster memiliki 5 pasang kaki yang terdiri dari 1 pasang capit dan 4 pasang kaki lainnya untuk berjalan.

Melansir National Geographic, Juli 2017, tugas krustasea melibatkan penyemprotan urin dan pergantian kulit.

Selama berhari-hari, pada masa kawin, betina akan menyemprotkan air kencing ke dalam sarang pasangan yang diinginkannya.

Ketika jantan terpesona oleh aromanya, maka betina akan dibiarkan masuk.

Kemudian kedua lobster akan saling membelai dengan antena dan dengan kaki tertutup reseptor. Hal tersebut akan berlangsung selama beberapa hari.

Baca juga: Teliti Kelangsungan Hidup Spesies, Ilmuwan Hitung Sperma Lobster dengan Ini

Begitu lobster betina yakin bahwa lobster jantan akan melindunginya, betina kemudian melepaskan cangkangnya, perlahan-lahan.

Saat ia melepaskan cangkang kerasnya, ia juga melepaskan kantong tempat dia menyimpan sperma dari pasangannya.

Lobster betina meninggalkan tubuhnya dalam cangkang baru yang sangat lembut, kemudian berjaga-jaga selama setengah jam hingga cangkangnya mengeras.

Dengan kaki cakarnya, lobster jantan menahan posisi di atas betina dan mengangkat tubuh betina untuk berhadapan dengannya, lalu memeluk betina di kakinya.

Cangkang baru betina memiliki kantong sperma baru. Jantan akan memasukkan sebungkus sperma ke dalamnya menggunakan pelengkap yang disebut gonopoda. 

Baca juga: Soal Benih Lobster, Ahli Paparkan Dampak dan Peraturan Penangkapannya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X