Kompas.com - 23/11/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi sampah luar angkasa. Ilustrasi sampah luar angkasa.

KOMPAS.com - Pada awal Zaman Antariksa di 1950-an, hanya ada segelintir satelit buatan manusia yang ditemukan di orbit Bumi rendah (LEO).

Namun lihat sekarang, jumlahnya melonjak. Ada ribuan satelit yang berkerumun di sekitar Bumi dan masih ada lainnya yang mengantre untuk bergabung dengan mereka.

Tapi berapa sebenarnya angka pasti satelit yang mengorbit di Bumi?

Mengutip Live Science, Senin (22/11/2021) setelah Uni Soviet meluncurkan Sputnik, satelit buatan manusia pertama di dunia pada tahun 1957, jumlah satelit yang diluncurkan ke luar angkasa terus bertambah.

Baca juga: Tak Terhindarkan, ISS Ditabrak Puing Sampah Luar Angkasa

Supriya Chakrabarti, profesor fisika di University of Massachusetts Lowell menulis bahwa setelah momen tersebut setidaknya antara 10 hingga 60 satelit diluncurkan setiap tahun hingga 2010.

Kemudian sejak itu, jumlah satelit yang diluncurkan terus meroket dengan lebih dari 1.300 satelit baru pada 2020 dan menjadi lebih dari 1.400 pada tahun 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara total menurut United Nations' Outer Space Objects Index ada sekitar 7.500 satelit aktif di LEO pada September 2021.

Jumlah satelit di LEO, wilayah yang terbentang hingga 2.000 kilometer dari Bumi ini diprediksi akan terus meningkat dalam beberapa dekade mendatang.

Itu karena perusahaan swasta juga tengah menyiapkan megakonstelasi mereka sendiri, masing-masing berisi ribuan satelit individu, yang akan digunakan untuk mengembangkan jaringan daring yang lebih cepat serta memberikan berbagai layanan lain seperti pemantauan perubahan iklim.

Peningkatan aktivitas tersebut terjadi sebagian besar menurut Aaron Boley, astronom di The University of British Columbia karena penurunan biaya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.