Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satelit Seukuran Kotak Sereal akan Diluncurkan Australia Selatan ke Luar Angkasa

Kompas.com - 21/01/2021, 10:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber ABC


KOMPAS.com- Australia Selatan akan menjadi negara bagian pertama yang akan meluncurkan satelitnya sendiri ke luar angkasa.

Satelit ini rencananya akan diluncurkan ke orbit rendah Bumi pada awal tahun depan. Uniknya, satelit ini hanya seukuran kotak sereal.

Rencana itu disampaikan Perdana Menteri Steven Marshall seperti dkutip dari ABC, Rabu (20/1/2021).

Marshall mengatakan bahwa pemerintah South Australia akan menjadi salah satu pemerintah sub-nasional pertama di dunia yang meluncurkan satelit sendiri.

Satelit tersebut nantinya akan mengumpulkan data seputar penggunaan air, kebijakan iklim, pertambangan dan manajemen darurat.

Baca juga: Mengapa Satelit Tidak Jatuh ke Bumi?

 

"Australia Selatan memulai misi berani dengan industri untuk merancang dan membangun satelit untuk memberikan layanan yang akan disampaikan dari luar angkasa," kata Marshall.

"Kami akan memperkuat tempat kami sebagai rumah alami untuk sektor luar angkasa di Australia. Kami memiliki waktu sekitar 15 bulan hingga peluncuran satelit ini dan kami akan mencari setiap peluang untuk dapat membagikan data itu. tetapi juga melihat beberapa peluang komersial," imbuh Marshall.

Proyek senilai 6,5 juta dollar AS ini dipimpin oleh konsorsium industri SmartSat CRC, yang berbasis di pusat teknologi CBC Adelaide, Lot Fourteen, tempat Badan Antariksa Australia berkantor pusat.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Ternyata Satelit Pertama Tidak untuk Komunikasi

Halaman:
Sumber ABC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com