Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fakta Burung-burung Raptor yang Bermigrasi ke Hutan Indonesia

Kompas.com - 05/11/2021, 18:07 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Burung raptor adalah sebutan bagi burung pemangsa yang setiap tahunnya bermigrasi dari daerah asalnya seperti China, Jepang dan Siberia ke daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Seperti diketahui, migrasi adalah perpindahan atau penyebaran satwa liar pada musim tertentu dari satu tempat ke tempat lain. 

Pada dasarnya, migrasi yang dilakukan oleh burung raptor itu dikarenakan daerah tempat tinggal mereka sedang mengalami perubahan iklim lingkungan yang ekstrem dan keadaan sumber pakan yang berkurang, serta bertujuan untuk berkembang biak.

Biasanya burung pemangsa tersebut melakukan migrasi dari bulan September hingga November, lalu kembali ke daerah asalnya pada musim panas yaitu bulan Maret hingga Mei.

Beberapa waktu lalu, tepatnya 30 Oktober 2021, dalam rangka peringatan Hari Burung Migrasi Sedunia yang biasanya diperingati setiap Bulan Mei dan Oktober tiap tahunnya.

Momentum burung-burung raptor bermigrasi ke Indonesia ini menjadi kesempatan yang tidak dilewatkan oleh Biodiversity Warriors Yayasan Kehati bersama Burung Indonesia.

Baca juga: Pertama di Dunia, Burung Condor California Lahir Tanpa Pejantan

Direktur Komunikasi dan Kemitraan Yayasan Kehati Rika Anggraini mengatakan, mereka mengamati jenis burung pemangsa (raptor) yang bermigrasi ke Indonesia, melintasi kawasan Puncak Bogor Jawa Barat.

“Pengamatan burung pemangsa ini sangat penting. Selain sebagai penyeimbang populasi satwa lain, mereka juga dapat dijadikan indikator kondisi alam yang menjadi daerah singgahan atau tujuan dari migrasinya," kata Rika dalam keterangan tertulisnya.

Data-data hasil pengamatan akan menjadi penguat analisis bagi tindakan konservasi yang akan dilakukan pihak-pihak terkait.

Namun sayangnya, kata dia, burung pemangsa ini memiliki keterancaman yang tinggi ketika bermigrasi, termasuk di wilayah Indonesia. 

Dampak perubahan iklim, deforestasi, degradasi, dan fragmentasi lahan menyebabkan rusak dan berkurangnya habitat dan sumber pakan mereka. Belum lagi dengan adanya perburuan liar

Fakta unik burung-burung raptor

Burung-burung raptor yang bermigrasi ke hutan tropis seperti di Indonesia diamati di wilayah Bukit Paralayang, Pucak, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: 4 Burung Paling Berbahaya di Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com