Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemadam Kebakaran Berlomba Selamatkan Pohon Terbesar di Dunia dengan Selimut Khusus

Kompas.com - 19/09/2021, 17:02 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Petugas kebakaran California berlomba dengan waktu untuk menyelamatkan pohon terbesar di dunia.

Pohon terbesar di dunia berdasarkan volume ini diketahui terancam keberadaannya akibat kebakaran hutan yang berkobar di dekatnya.

Petugas kebakaran pun mengambil berbagai langkah penyelamatan. Mengutip Live Science, Sabtu (18/9/2021) petugas kemudian menyelimuti pangkal pohon yang dijuluki General Sherman dengan selimut alumunium tahan api.

Baca juga: 4 Manfaat Menanam Pohon untuk Lingkungan

Berdasarkan National Wildfire Coordinating Group telah terjadi kebakaran yang tak terkendali di Taman Nasional Sequoia California sejak 10 Septermber.

Dan pada Jumat, (17/9/2021) api yang disebabkan oleh badai petir telah menyebar seluas 4599 hektar dan mendekati 'Hutan Raksasa' yang merupakan rumah bagi banyak pohon besar di planet ini.

Salah satunya adalah pohon terbesar di dunia berdasarkan volume, General Sherman.

Pohon tersebut menurut National Park Service berusia 2.200 tahun, tinggi 83 meter, dan berdiameter lebih dari 11 meter.

Pohon dengan nama latin Sequoiadendron giganteum ini sebenarnya beradaptasi untuk menahan kebakaran hutan dan mengandalkan api saat akan melepaskan biji mereka.

Tetapi perubahan iklim dan kekeringan memicu kebakaran dengan intensitas lebih tinggi sehingga terlalu panas bahkan untuk pohon raksasa yang beradaptasi dengan api.

Baca juga: Tak Ada Hutan di Gurun Pasir, Kenapa Gurun Sahara Punya Jutaan Pohon?

Lebih lanjut, petugas kebakaran tak hanya membungkus General Sherman saja melainkan juga beberapa pohon raksasa lainnya untuk melindungi mereka dari bara api yang jatuh.

"Ini adalah area yang sangat penting bagi banyak orang jadi banyak upaya khusus dilakukan untuk melindungi hutan," kata Rebecca Paterson, juru bicara Sequoia and Kings Canyon National Parks kepada LA Times.

Selain membungkus dengan alumunium, petugas pemadam kebakaran juga menggunakan api terkendali untuk membersihkan vegetasi di sekitar pohon sehingga tak banyak yang terbakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com