KOMPAS.comManfaat air bagi hewan juga sangat banyak. Air tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja. Beragam jenis hewan berarti beragam pula manfaat air bagi hewan. Ada yang memang tinggal air, ada pula hewan yang tinggal di darat namun tetap membutuhkan air untuk hidup.

Manfaat air bagi hewan

Berikut ini merupakan manfaat air bagi hewan.

1. Sebagai lingkungan hidup atau habitat

Terdapat beberapa hewan yang tinggal di air. Hewan yang hidup di air memiliki beberapa adaptasi agar bisa bertahan hidup di air.

Adaptasi hewan yang hidup di air antara lain, adaptasi morfologis, adaptasi fisiologis, dan adaptasi tingkah laku. Adaptasi morfologis merupakan adaptasi dengan adanya perubahan bentuk tubuh. Misalnya ikan memiliki sirip untuk berenang.

Adaptasi fisiologis adalah penyesuaian proses untuk menjalankan fungsi tubuh. Sedangkan adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian perilaku hewan yang hidup di air.

Baca juga: 6 Manfaat Air Bagi Manusia

2. Tempat sumber makanan

Terdapat hewan yang tidak hidup di darat, namun mencari makan dari hewan dan tumbuhan air. Berbagai hewan yang tidak hidup di air atau hidup di dua alam namun mencari makanan di air antara lain kepiting, lobster, penguin, siput, burung elang, dan katak.

3. Sebagai air minum

Sama seperti manusia, hewan juga membutuhkan air untuk minum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.