Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serigala India, Spesies Serigala Kuno Paling Terancam Punah di Dunia

Kompas.com - 04/09/2021, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkapkan spesies serigala India jauh lebih terancam punah dari yang diperkirakan sebelumnya, bahkan ilmuwan menemukan spesies serigala ini membawa garis keturunan paling kuno yang masih hidup hingga saat ini.

Para ilmuwan di University of California, Davis, menemukan fakta serigala India terancam punah saat mengurutkan genom serigala tersebut untuk pertama kalinya.

Hasil temuan studi tersebut telah diterbitkan di jurnal Molecular Ecology, seperti dilansir dari Phys, Sabtu (4/0/2021).

Dalam studi yang dilaporkan tersebut, para ilmuwan mengungkapkan bahwa serigala India adalah salah satu populasi serigala abu-abu yang paling terancam punah. Bahkan, serigala India disebut spesies yang berbeda secara evolusioner.

Studi ini pun menunjukkan bahwa serigala India dapat mewakili garis keturunan serigala paling kuno yang masih hidup.

Persebaran populasi serigala India ini terbatas di dataran rendah India dan Pakistan, di mana habitat mereka adalah di padang rumput yang juga terancam oleh perambahan manusia hingga konsersi lahan.

Baca juga: Serigala Zaman Es Ditemukan, Berumur 57.000 Tahun dan Masih Utuh

 

Penulis utama studi Lauren Hennelly, mahasiswa doktoral di Unit Konservasi Ekologi Mamalia Sekolah Kedokteran Hewan UC Davis mengatakan bahwa serigala India adalah salah satu karnivora besar terakhir yang tersisa di Pakistan, dan banyak dari karnivora besar India yang terancam punah.

"Saya berharap mengetahui bahwa mereka sangat unik dan hanya ditemukan di sana akan menginspirasi masyarakat dan ilmuwan lokal untuk belajar lebih banyak tentang melestarikan habitat serigala dan padang rumput ini," ungkap Hennelly.

Genom serigala India dan Tibet

Penelitian ini dilakukan dengan mengurutkan genom empat serigala India dan dua serigala Tibet, serta menambahkan 31 genom canid tambahan untuk menyelesaikan sejarah evolusi dan filogenomik hewan ini.

Para ilmuwan pun menemukan bahwa serigala Tibet dan India berbeda satu sama lain, bahkan dari populasi serigala lainnya.

Studi ini merekomendasikan bahwa populasi serigala India dan Tibet diakui sebagai unit yang signifikan secara evolusioner dan penunjukan sementara ini yang akan membantu memprioritaskan konservasi terhadap spesies yang terancam punah tersebut.

Baca juga: Serba Serbi Hewan: Benarkah Serigala Melolong ke Bulan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com