Kompas.com - 03/09/2021, 21:12 WIB
Asteroid ShutterstockAsteroid

KOMPAS.comAsteroid adalah benda langit berupa batuan yang mengorbit mengelilingi Matahari. Walaupun sama-sama mengelilingi Matahari, asteroid berbeda dari planet karena ukurannya sangat kecil dibandingkan planet.

Asteroid merupakan sisa pembentukan dari tata surya 4,6 juta tahun lalu. Ketika pembentukan tata surya terjadi gumpalan dan ledakan awan gas. Pada saat ini, sebagian material jatuh keluar dari gumpalan tersebut.

Lokasi asteroid

Sangat banyak jumlah asteroid yang berada di tata surya. Sebagian besar asteorid berada di sabuk asteroid. Sabuk asteroid adalah kumpulan asteroid yang mengelilingi Matahari. Sabuk asteroid terhampar di antara orbit planet Mars dan Jupiter.

Namun, ada juga asteroid yang berada di luar sabuk asteroid. Misalnya terdapat beberapa asteroid yang ditemukan di orbit planet lain. Jadi, asteroid tersebut mengorbit mengikuti orbit planet tersebut.

Baca juga: Sabuk Kuiper, Tempat Pluto dan Planet Kerdil Lainnya Berada

Karakteristik asteroid

Asteroid berbeda dengan planet. Asteroid berupa batuan dengan bentuk yang tidak beraturan dan tidak ada yang berbentuk sama.

Ukuran asteroid juga sangat beragam. Ada yang diameternya ratusan kilometer, hingga yang jauh lebih kecil. Asteroid terbesar yang pernah tercatat memiliki diameter hingga 940 kilometer. Sedangkan yang terkecil yang pernah tercatat memiliki diameter 2 meter saja.

Bahan penyusunnya juga berasal dari material yang berbeda. Ada yang berasal dari batuan, nikel, dan besi. Berdasarkan bahan penyusunnya, asteroid dibagi menjadi beberapa jenis.

  1. Tipe C: yang terdiri dari karbon kondrit dan mengandung silikat. Tipe ini memiliki warna yang lebih gelap dan ini merupakan tipe yang paling umum
  2. Tipe S: tipe ini juga mengandung silikat, namun mengandung sedikit nikel dan besi. Sekitar seperlima jumlah asteroid adalah tipe ini
  3. Tipe M: tipe ini mengandung logam nikel dan besi yang dominan. Tipe ini yang memiliki tampilan yang paling terang dibandingkan ketiganya tipe asteroid.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.