Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2021, 16:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comPolusi udara adalah salah satu masalah lingkungan yang bisa dicegah. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kesadaran untuk mengurangi polusi udara.

Polusi udara dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan terutama berkaitan dengan sistem pernapasan. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa polusi udara juga menyebabkan penyakit kardiovaskular memburuk.

Polusi udara tidak selalu tampak, namun bukan berarti tidak berbahaya. Menurut World Health Organization (WHO), kadar polutan yang rendah dalam udara pun bisa berakibat buruk untuk kesehatan tubuh.

Berikut 10 cara mengurangi polusi udara.

Menggunakan transportasi umum dan mengurangi mobilitas

Salah satu sumber polusi udara adalah gas pembuangan dari kendaraan bermotor, seperti mobil, motor, bus, dan truk. Untuk menguranginya, Anda bisa menggunakan transportasi umum.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi, buatlah rute yang seefisien mungkin untuk meminimalisir polusi yang dikeluarkan oleh mesin mobil. Selain itu, pastikan Anda melakukan service berkala pada mobil Anda.

Baca juga: 5 Cara Menghemat Listrik, Bisa Bantu Kurangi Pemanasan Global

Berjalan kaki atau naik sepeda

Jika Anda pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh, cobalah untuk berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Selain mengurangi polusi, Anda juga bisa lebih sehat.

Mematikan lampu jika tidak digunakan

Energi yang dipakai oleh lampu dan peralatan elektronik juga berperan dalam polusi udara. Menghemat energi listrik juga memiliki banyak keuntungan bagi Anda.

Reuse dan recycle

Konsep reuse dan recycle ini banyak dipromosikan untuk menjaga sumber daya dan mengurangi jumlah sampah. Namun, konsep ini juga bermanfaat untuk menurunkan penggunaan dan produksi barang sehingga menurunkan emisi polusi.

Hindari penggunaan kantong plastik

Penggunaan kantong plastik bisa berbahaya bagi lingkungan. Plastik membutuhkan waktu yang panjang untuk diurai karena materialnya terbuat dari minyak. Jika harus menggunakan kemasan sekali pakai, pilihlah kantong kertas yang lebih mudah diurai oleh tanah.

Mengurangi kebakaran hutan

Kebakaran hutan memang bisa terjadi secara alami. Namun, 90 persen penyebab kebakaran adalah akibat ulah manusia. Kebakaran hutan yang luas akan menyebabkan polusi udara yang luar biasa.

Baca juga: Macam-macam Penyebab Kebakaran Hutan, 90 Persen akibat Ulah Manusia

Berhenti merokok

Merokok buruk untuk kesehatan dan juga menyebabkan polusi udara. Berhentilah merokok untuk mengurangi polusi udara.

Menggunakan kipas angin daripada AC

Penggunaan AC membutuhkan banyak energi dan menghasilkan emisi panas yang buruk untuk lingkungan. AC merupakan pilihan yang lebih ramah lingkungan.

Hindari membakar sampah

Terkadang masih dijumpai orang yang membakar sampai atau sisa dedaunan kering. Padahal ini merupakan salah satu sumber polusi udara.

Untuk memanfaatkan daun kering, Anda bisa mengolahnya menjadi pupuk atau menimbunnya ke dalam biopori yang bisa dibuat di halaman rumah.

Menanam pohon

Menanam pohon akan membantu membersihkan udara. Pohon akan menyerap gas karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang diperlukan manusia. Sebagai permulaan, Anda bisa menanam pohon di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com