Kompas.com - 31/05/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi cara menghemat listrik freepikIlustrasi cara menghemat listrik

KOMPAS.com - Menghemat listrik berarti Anda bisa menghemat uang dan mengurangi emisi karbon hasil dari pembakaran energi yang tidak ramah lingkungan. Dengan begitu, artinya Anda bertanggung jawab sebagai penduduk bumi untuk mengurangi perubahan iklim global.

Menangani perubahan iklin global merupakan salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs) yang disusun oleh United Nations.

SDGs nomor 13 berisi tentang menangani perubahan iklim global. Energi merupakan penyumbang terbesar penyebab perubahan iklim global. Sekitar 60% emisi gas rumah kaca disebabkan karena penggunaan energi secara masif dan tidak ramah lingkungan.

Maka dari itu penting sekali untuk menghemat listrik sebagai bentuk menghemat energi.

Dilansir dari Harvard University, berikut adalah beberapa cara menghemat listrik yang bisa Anda lakukan di rumah.

Baca juga: Greenpeace Soroti Rencana PLN Membangun Pembangkit Listrik Batu Bara

Matikan komputer Anda

Komputer adalah salah satu benda elektronik yang terus menggunakan energi listrik. Pada malam hari, biasakan untuk mematikan komputer atau laptop Anda.

Menggunakan screensaver akan membuat komputer atau laptop Anda mengonsumsi banyak energi listrik yang sia-sia. Komputer generasi sekarang tahan dinyalakan dan dimatikan hingga lebih dari 40.000 kali.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak mematikan komputer Anda pada malam hari atau saat tidak digunakan.

Gunakan lampu LED

Salah satu penggunaan penting energi listrik adalah untuk pencahayaan. Menggunakan lampu LED sangat signifikan untuk mengurangi konsumsi listrik hingga 75% dibandingkan dengan bohlam biasa. Selain itu, lampu LED tahan lebih lama hingga 25 kali dibandingkan dengan bohlam biasa.

Cabut kabel yang tidak perlu

Kabel benda yang tidak selalu digunakan seperti televisi, printer, atau microwave akan tetap menggunakan listrik walaupun dalam jumlah yang kecil.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.