Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud dengan Kanker Stadium 4, Beserta Penjelasannya

Kompas.com - 26/05/2021, 14:02 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Ketika mendengar diagnosa kanker, biasanya akan diikuti terminologi stadium satu, dua, tiga, atau empat. Apa sebenarnya makna stadium ini?

Dilansir dari Cancer Research United Kingdom, stadium kanker adalah cara untuk mendeskripsikan ukuran kanker dan sejauh mana sel kanker telah tumbuh. Pertama kali dokter mendiagnosa untuk kanker ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan stadium.

Pertama adalah seberapa besar ukuran kanker. Kedua, apakah sel kanker telah menyebar ke jaringan sekitar. Terakhir, apakah sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain atau metastasis.

Kenapa penting untuk menentukan stadium kanker

Menentukan kanker sudah sampai stadium mana sangat penting bagi dokter, agar dokter bisa merumuskan rencana perawatan yang terbaik untuk kasus kanker.

Jika kanker belum menyebar, pasien yang terkena kanker mungkin hanya perlu melakukan operasi untuk mengangkat jaringan tersebut dan melakukan radioterapi hanya pada bagian tersebut.

Namun, jika kanker diketahui sudah menyebar, maka pasien harus melakukan terapi adjuvan. Terapi adjuvan bertujuan untuk menghilangkan sel kanker, baik yang berkembang di tempat utamanya, maupun yang sudah bermetastasis.

Terapi adjuvan ini menggabungkan beberapa tidakan. Selain melakukan operasi, pasien juga harus melakukan terapi ke seluruh tubuh. Terapi yang paling umum untuk kanker yang sudah menyebar adalah kemoterapi. Selain itu, pasien juga bisa melakukan terapi hormon dan terapi imun.

Baca juga: 11 Alasan Menstruasi Berlangsung Lebih Lama, Termasuk Kanker Serviks

Pada beberapa kasus, kemoterapi akan dilakukan bersamaa dengan radioterapi untuk memaksimalkan efek penyembuhan.

Kanker stadium 1

Ini merupakan tahap awal kanker. Kanker masih berukuran kecil dan masih terlokalisasi di organ semula.

Kanker stadium 2

Kanker tahap ini sudah lebih besar, namun belum melibatkan organ lain mapupun kelenjar getah bening di dekat terbentuknya kanker.

Kanker stadium 3

Pada stadium 3, kanker sudah semakin meluas dan ditemukan di kelenjar getah bening.

Kanker stadium 4

Ini merupakan kanker yang paling parah karena kanker sudah meluas ke organ lain. Sel kanker telah bermetastasis dan ditemukan di organ lain seperti paru-paru atau hati.

Baca juga: Waspadai 4 Penyebab Cepat Kenyang, Gastroparesis hingga Kanker

Sistem TNM

Ternyata, selain mengklasifikasikan kondisi kanker dengan stadium, terdapat cara lain yaitu dengan sistem TNM. TNM adalah singkatan dari Tumour, Node, and Metastasis.

Huruf T menjelaskan ukuran tumor atau kankernya. Huruf T akan ditulis dengan diikuti angka 1 sampai 4 yang menunjukkan seberapa besar kankernya. Angka 1 menandakan kankernya kecil, sedangkan 4 menandakan kankernya besar sekali.

Kemudian huruf N menjelaskan apakah sudah ada keterlibatan kelenjar getah bening atau belum. Angka yang akan mengikuti adalah 0 sampai 3. Angka 0 menunjukkan belum ada kelenjar getah bening yang terlibat, sedangkan 3 sudah banyak kelenjar getah bening yang terlibat.

Terakhir M untuk menjelaskan apakah kanker sudah bermetastase ke organ lain atau belum. Untuk indikator ini, hanya diikuti angka 0 atau 1. Angka 0 menunjukkan belum ada metastasis, sedangkan 1 sudah terjadi metastasis ke organ yang lain.

Contoh penulisan kanker yang kecil, sudah ada keterlibatan kelenjar getah bening, namun belum bermetastasis, bisa ditulis dengan T2 N2 M0.

Sudah mengerti ‘kan apa itu kanker stadium 4? Semoga sehat selalu ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com