Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Penyakit Kulit Skabies, Ini Penyebab dan Gejalanya

Kompas.com - 08/05/2021, 19:02 WIB
Dea Syifa Ananda,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Healthline


KOMPAS.com - Skabies atau dikenal juga dengan kudis adalah penyakit kulit yang menyebabkan rasa gatal di kulit. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi kutu atau tungau yang disebut Sarcoptes scabiei.

Tungau ini bersembunyi di lapisan atas kulit, menjadikan lapisan tersebut sebagai tempat tinggalnya dan bertelur. Jika tidak diobati, maka tungau ini dapat hidup di kulit Anda selama berbulan-bulan.

Mereka berkembang biak di permukaan kulit dan kemudian bersembunyi di dalamnya, lalu bertelur. Hal ini yang menyebabkan timbulnya ruam merah dan rasa gatal pada kulit.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), skabies atau kudis biasanya disebarkan melalui kontak langsung dari kulit ke kulit dengan penderita kudis.

Penyakit kudis dapat menyebar dengan cepat dalam kondisi di mana kontak tubuh sering terjadi. Institusi seperti panti jompo, fasilitas perawatan, dan penjara sering kali menjadi lokasi wabah kudis.

Baca juga: 3 Penyakit Kulit yang Muncul saat Musim Hujan, dari Kurap hingga Eksim

 

Penyebab skabies

Skabies atau kudis adalah penyakit kulit dari hasil serangan tungau kecil berkaki delapan. Tungau ini sangat kecil, sehingga Anda tidak dapat melihatnya di kulit Anda, tetapi Anda pasti dapat melihat efeknya.

Dilansir Healthline, Rabu (3/4/2019) tungau akan bersembunyi di lapisan atas kulit Anda untuk hidup dan mencari makan. Tungau betina akan bertelur.

Kulit Anda kemudian akan bereaksi terhadap tungau dan kotorannya yang kemudian dapat menimbulkan ruam merah dan gatal.

Tungau ini mudah ditularkan antar manusia. Kontak langsung kulit-ke-kulit adalah cara paling umum untuk menyebarkan infestasi. Tungau juga dapat menyebar melalui mebel, pakaian dan
seprai kasur.

Fasilitas tempat orang tinggal berdekatan satu sama lain seringkali berpotensi menyebabkan infeksi penyakit kulit seperti skabies atau kudis ini menyebar dengan mudah. 

Baca juga: Psoriasis: Gejala, Komplikasi, Faktor Risiko hingga Terapi Penyakit Kulit Autoimun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com