Perubahan Iklim Lahirkan Spesies Beruang Baru Bernama Pizzly, Seperti Apa?

Kompas.com - 26/04/2021, 19:30 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Perubahan iklim ternyata juga turut mendorong lahirnya spesies baru. Spesies yang dimaksud adalah hasil perkawinan antara beruang kutub dengan beruang grizzly yang menghasilkan beruang hibrida bernama pizzly.

Penampakan pertama kali beruang pizzly di alam liar dimulai pada 2006. Saat itu ada seorang pemburu yang akan menembak seekor beruang yang dikiranya adalah beruang kutub di wilayah barat laut Arktik Kanada.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Suka Menyendiri, Bagaimana Beruang Kawin?

Namun saat melihat lebih dekat, ia menemukan beruang dengan penampakan yang tak biasa.

Ia melihat beruang dengan bulu putih krem seperti beruang kutub, tetapi memiliki cakar panjang, punggung bungkuk, muka lebih pendek dan bercak cokelat beruang grizzly.

Tes DNA kemudian memastikan, bahwa hewan itu hibrida dan merupakan keturunan liar pertama dari beruang kutub dan grizzly yang didokumentasikan.

Munculnya pizzly ini menurut peneliti bertepatan dengan terjadinya penurunan populasi beruang kutub.

Lantas bagaimana bisa kedua hewan tersebut kawin?

Mengutip Live Science, Senin (26/4/2021) saat dunia menghangat dan es laut Arktik menipis, beruang kutub yang kelaparan terpaksa mencari makan menjauh hingga ke selatan, tempat mereka beruang grizzly yang memang memiliki jangkauan berburu meluas ke utara.

Dan dengan seringnya terjadinya kontak antara kedua spesies itu, muncul lah lebih banyak perkawinan.

Hal tersebut membuat makin banyak penampakan keturunan beruang hibrida ini yang bisa ditemukan di alam liar.

Peneliti pun menanggapi kemunculan species baru ini dengan positif dan berspekulasi jika pizzly akan terus ada di alam liar.

"Ada kemungkinan pizzly dapat mencari makan untuk berbagai sumber makanan di tempat yang lebih luas," ungkap Larisa DeSantis, ahli paleontologi dan profesor ilmu biologi di Vanderbilt University di Tennessee.